Submissions

Login or Register to make a submission.

Submission Preparation Checklist

As part of the submission process, authors are required to check off their submission's compliance with all of the following items, and submissions may be returned to authors that do not adhere to these guidelines.
  • The submission has not been previously published, nor is it before another journal for consideration (or an explanation has been provided in Comments to the Editor).
  • The submission file is in OpenOffice, Microsoft Word, or RTF document file format.
  • Where available, URLs for the references have been provided.
  • The text is single-spaced; uses a 12-point font; employs italics, rather than underlining (except with URL addresses); and all illustrations, figures, and tables are placed within the text at the appropriate points, rather than at the end.
  • The text adheres to the stylistic and bibliographic requirements outlined in the Author Guidelines.

Author Guidelines

Mafaza : Jurnal Pengabdian Masyarakat

Fakultas Tarbiyah, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri, Bojonegoto, Indonesia

PANDUAN PENULISAN ARTIKEL JURNAL

 

  A. Ketentuan Umum

  1. Artikel yang diterima yaitu artikel yang belum pernah dipublikasikan dalam jurnal apapun berupa atau tidak dalam status telah diterima (accepted) untuk dipublikasikan
  2. Artikel berupa hasil pengabdian masyarakat yang mempunyai relevansi dengan bidang endidikan, Sosial, Politik, Pengembangan  Sumberdaya Manusia, dan Teknologi Tepat Guna.
  3. Artikel dilampiri surat pernyataan keaslian dari penulis yang menyatakan bahwa artikel yang ditulis benar-benar karya sendiri dan tidak mengandung plagiarisme.

  B. Sistematika Penulisan (atau bisa dilihat di Template Mafaza)

  • Artikel terdiri dari 3000-5000 kata, diketik dengan spasi 1 dalam kertas ukuran A4 dengan jenis huruf Times New Roman ukuran 11 dan menggunakan catatan badan (body note). Tulisan yang akan dimuat menggunakan bahasa Indonesia maupun bahasa Inggris yang baik.
  • Susunan artikel terdiri dari : Judul, Nama Penulis, Abstrak, Kata Kunci, Pendahuluan, Metode, Hasil dan Pembahasan, Simpulan dan Daftar Pustaka.
  • Ketentuan Penulisan Artikel :

Judul: maksimal 12 kata. Judul diketik dengan huruf  kapital Times New Roman, 12 huruf rata tengah cetak biasa. (Center, Times New Roman 12, di bold, maksimal 12 kata  dalam bahasa Indonesia)

Nama penulis: atau penulis-penulis diketik di bawah judul dengan font Times New Roman 10 cetak tebal, tanpa gelar dan tidak boleh disingkat. Di bawah nama  ditulis bidang keahlian, nama institusi, alamat dan email penulis. (Center, Times New Roman 12, bold)

Abstrak: Abstrak terdiri dari 15-225 kata, kata berbahasa Indonesia dicetak miring dengan Times New Roman 10.  Abstrak meliputi latar belakang atau pentingnya topik pengabdian masyarakat, tujuan pengabdian pada masyarakat, mitra pengabdian metode pengabdian pada masyarakat  dan hasil pengabdian. Abstrak harus menjelaskan tentang apa, mengapa, bagaimana, apa yang ditemukan dan apa maknanya. Abstrak diakhiri dengan komentar tentang pentingnya hasil pengabdian.

Pendahuluan: Pendahuluan menguraikan latar belakang  permasalahan yang diselesaikan, isu-isu yang terkait dengan masalah yg diselesaikan, kajian tentang  penelitan dan atau kegiatan pengabdian pada masyarakat  yang pernah dilakukan sebelumnya oleh pengabdi lain atau pengabdi sendiri yang relevan dengan tema kegiatan pengabdian yang dilakukan. Di pendahuluan harus ada kutipan dari hasil penelitian/pengabdian lain yang menguatkan pentingnya PKM

Pendahuluan ditutup dengan tujuan pengabdian.

(Ditulis dua kolom, Times New Roman 12, 1,5 spasi)

Metode: Metode penelitian menjelaskan tentang: metode pelaksanaan yang digunakan dalam kegiatan pengabdian. Metode diuraikan dengan jelas dan terperinci Contoh metode : a) Pendidikan Masyarakat, b) Difusi Ipteks, c) Pelatihan, d) Mediasi, e) Advokasi, f) PAR (Partcipatory Action Research), g) ABCD (Asset Based Community Development. [font Times New Roman, 11, Normal]

Hasil dan Pembahasan: Menjelaskan tentang hasil atau luaran pengabdian bisa berupa peningkatan pengetahuan, keterampilan atau berupa produk. Hasil juga mengemukakan tingkat ketercapaian target kegiatan. Jika berupa benda perlu ada penjelasan spresifikasi produk, keunggulan dan kelemahannya. Penulisan luaran perlu dilengkapi foto, tabel, grafik, bagan, gambar dsb. Pembahasan berurut sesuai dengan urutan dalam tujuan, dan sudah dijelaskan terlebih dahulu. Pembahasan disertai argumentasi yang logis dengan mengaitkan hasil PkM dengan teori, hasil PkM yang lain dan atau hasil penelitian.

Pembahasan mengenai hasil pengabdian, dikaitkan dengan hasil penelitian-penelitian/pengabdian sebelumnya, dianalisis secara kritis dan dikaitkan dengan literatur terkini yang relevan.

Daftar Rujukan: Daftar pustaka ditulis berdasarkan model APA 5th (American Psychological Association). Sangat disarangkan menggunakan Reference manager (end note, mendeley, zetero dll) untuk memudahkan dalam editing dan review. Sumber-sumber yang dirujuk dan minimal 80% berupa pustaka terbitan 5 tahun terakhir. [Times New Roman, 11, normal].

Simpulan dan SaranKesimpulan dibuat secara ringkas, jelas dan padat didasarkan pada hasil dan diskusi, dibuat  dalam bentuk alinea (bukan numerik), berisi hasil kegiatan dan hasil pembahasan. Hasil penelitian memberikan saran/kontribusi terhadap aplikasi dan/atau pengembangan ilmu. [Times New Roman, 11, normal].

Daftar Pustaka: Tuliskan daftar pustaka yang menjadi acuan secara alfabetis dan kronologis. Daftar Pustaka adalah daftar acuan/referensi bukan bibliografi, maka harus memuat semua sumber yang diacu dalam naskah, dan tidak perlu memuat sumber yang tidak diacu. Penulis Wajib merujuk artikel yang diterbitkan oleh Mafaza: Jurnal Pengadian Mayarakat. Daftar rujukan berisi semua yang dirujuk dalam teks yang berasal dari sumber yang; (a) relevan, (b) minimal 80% mutakhir (10 tahun terakhir), dan (c) minimal 80% primer. Penulisan referensi mengacu pada  American Psychological Association  (APA) 6Ed.

  • Contoh penulisan jurnal tanpa Digital Object Identifier (doi)

Arbiyah, N., Nurwianti, F., & Oriza, D. (2008). Hubungan bersyukur dengan subjective well being pada penduduk miskin. Jurnal Psikologi Sosial14(1), 11-24.

Light, M. A., & Light, I. H. (2008). The geographic expansion of Mexican immigration in the United States and its implications for local law enforcement. Law Enforcement Executive Forum Journal, 8(1), 73-82.

  • Contoh penulisan jurnal dengan Digital Object Identifier (doi)

Herbst-Damm, K. L., & Kulik, J. A. (2005). Volunteer support, marital status, and the survival times of terminally ill patients. Health Psychology, 24(1), 225-229. http://dx.doi.org/10.1037/0278-6133.24.2.225

  • Contoh penulisan artikel majalah

Chamberlin, J., Novotney, A., Packard, E., & Price, M. (2008, May). Enhancing worker well-being: Occupational health psychologists convene to share their research on work, stress, and health. Monitor on Psychology, 39(5). 26-29.

  • Contoh penulisan artikel majalah online

Clay, R. (2008, June). Science vs. ideology: Psychologists fight back about the misuse of research. Monitor on Psychology, 39(6). Diunduh dari: http://www.apa.org/monitor/ tanggal 10 Agustus 2012.

  • Contoh penulisan artikel koran tanpa penulis

Six sites meet for comprehensive anti-gang initiative conference. (2006, November/December). OJJDP News @ a Glance. Diunduh dari:  http://www.ncjrs.gov/htmllojjdp/news_acglance/216684/topstory.htmI tanggal 10 Agustus 2012

  • Contoh penulisan tesis atau disertasi yang tidak dipublikasikan

Rimawati, A. B. (2010). Model teoretik prasangka sosial. (Disertasi tidak dipubli­kasikan). Fakultas Psikologi Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta.

  • Contoh penulisan buku

Azwar, S. (2012). Penyusunan skala psikologi (ed.2). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

  • Contoh penulisan buku dengan editor

Cone, J. D. (1999). Observational assessment: Measure development and research issues. Dalam P. C. Kendall, J. N. Butcher, & G. N. Holmbeck (Eds.), Handbook of research methods in clinical psychology (hlm. 183-223). New York: Wiley.

  • Naskah dari universitas yang tidak dipublikasikan

Nuryati, A., & Indati, A. (1993). Faktor-faktor yang memengaruhi prestasi belajar. Naskah tidak dipublikasikan, Fakultas Psikologi, Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta.

Articles

Section default policy

Privacy Statement

The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal and will not be made available for any other purpose or to any other party.