PELATIHAN DIGITAL MARKETING MENGGUNAKAN PLATFORM MARKETPLACE SHOPEE UNTUK KELOMPOK PEMUDA WIRAUSAHA DI DESA MULYOAGUNG-BOJONEGORO
Abstract View: 1439, PDF Download: 1366DOI:
https://doi.org/10.32665/mafaza.v1i1.256Keywords:
Digital Marketing, Shopee, UMKMAbstract
Salah satu sektor yang mendapatkan pukulan tajam selama Pandemi Covid-19 adalah usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). Hal ini juga ikut serta menjadi pengerak turunnya perekonomian nasional. Digital marketing melalui platform shopee menjadi salah satu pilihan dalam rangka mengentaskan permasalahan ekonomi selama pandemi. Pengabdian menggunakan metode pelatihan yang meliputi empat tahap, yaitu tahap tahapan instalasi Shopee, tahapan upload produk di shopee, tahapan pemasaran produk , dan tahapan pengiriman produk. Setelah pengabdian ini dilakukan dapat disimpulkan bahwa pemahaman dan kemampuan pemuda pelaku UMKM di Desa Mulyoagung mengenai digital marketing melalui e-commerce Shopee meningkat, dengan rincian pada tahapan instalasi sebanyak 100% dan tahapan upload produk 87%. Selain itu popularitas produk-produk yang dihasilkan oleh UMKM dari Desa Mulyoagung mengalami peningkatan akibat pemasaran produk secara digital, baik melalui aplikasi shopee maupun aplikasi pendukung lain. Berdasarkan hasil analisis pada fitur bisnisku di Shopee dan insight pada aplikasi Instagram, rata-rata popularitas produk hasil UMKM Desa Mulyoagung meningkat sebesar 75%.
References
Arifianto, Endra Yuafanedi, and Mochammad Choiri, ‘PEMANFAATAN E-COMMERCE DALAM PEBELAJARAN MANAJEMEN USAHA KECIL DAN MENENGAH’, Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2.1 (2018), 77–85 <http://journal.univetbantara.ac.id/index.php/komdik/article/view/67> [accessed 11 November 2021]
Barovih, Guntoro, and Nurussama Nurussama, ‘Penerapan E-Commerce Dan Inovasi Kemasan Untuk Produsen Pia Kota Palembang’, Prosiding Seminar Nasional Peran Sektor Industri Dalam Percepatan Dan Pemulihan Ekonomi Nasional, 1.1 (2018), 118–28 <http://ejournal.kemenperin.go.id/pmbp/article/view/4467> [accessed 11 November 2021]
Chaffey, David. Fiona Ellis-Chadwick, Henri Isaac, and Maria Mercanti-Guérin, ‘Marketing Digital, 7ème Edition’, Post-Print, 2020 <https://ideas.repec.org/p/hal/journl/hal-02927026.html> [accessed 12 November 2021]
Arif, Donny. Marketing Is Easy. Google Books’ <https://books.google.co.id/books?id=-VfbDwAAQBAJ&pg=PA76&dq=marketing+is&hl=jv&sa=X&ved=2ahUKEwibju7Bv5L0AhX48HMBHUEwC_0Q6AF6BAgDEAI#v=onepage&q=marketing is&f=false> [accessed 12 November 2021]
Pomantow, LP, JJ Tinangon, T Runtu, Lucky P Pomantow, Jantje J Tinangon, Treesje Runtu, and others, ‘PERHITUNGAN HARGA POKOK PRODUKSI DENGAN MENGGUNAKAN METODE FULL COSTING PADA RM. AYAM GORENG KRISPY DAHAR’, Jurnal EMBA : Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 9.3 (2021), 843–52 <https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/emba/article/view/35057> [accessed 15 November 2021]
Stokes, Rob, ‘EMarketing The Essential Guide to Digital Marketing’, 2008 [accessed 11 November 2021]
‘UMKM Bangkit, Ekonomi Indonesia Terungkit’ <https://www.djkn.kemenkeu.go.id/artikel/baca/13317/UMKM-Bangkit-Ekonomi-Indonesia-Terungkit.html> [accessed 4 November 2021]
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Mafaza : Jurnal Pengabdian Masyarakat
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.