PENINGKATAN EKONOMI PETERNAK SAPI MELALUI DIGITALISASI DATA DENGAN BARCODE

Abstract View: 318, PDF Download: 263

Authors

  • Zumrotul Fauziah Universitas Nahdhatul Ulama Sunan Giri Bojonegoro

DOI:

https://doi.org/10.32665/mafaza.v1i1.260

Keywords:

Digitalisasi, Barcode, Pendampingan, SPR

Abstract

Salah satu upaya untuk meningkatkan ekonomi kelompok peternak Sekolah Ternak Rakyat (SPR) Mega Jaya Dusun Ngantru Kecamatan Kasiman dimasa pandemi covid 19 adalah dengan melakukan pendampingan melalui digitalisasi data dengan Barcode. Tujuan pengabdian masyarakat ini yang pertama  adalah  mengenalkan dan mempraktekkan teknologi yang bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan pola manajemen data dan pemasaran sapi sehingga angka penjualan sapi bisa naik dan pendapatan para peternak sapi meningkat. Yang kedua untuk memudahkan calon pembeli dan pengunjung SPR Mega Jaya mendapatkan informasi data secara cepat dan akurat tanpa harus bertemu dengan pemiliknya. Metode Pemberdayaan yang digunakan adalah menggunakan metode ABCD (Asset Based Community Development) dengan mengutamakan potensi dan pemanfaatan aset yang ada di sekitar masyarakat Dusun Ngantru Kecamatan Kasiman. Hasil dari digitalisasi dengan barcode yang pertama adalah meningkatnya penjualan sapi kelompok peternak SPR Mega jaya dimasa pandemi dibandingkan sebelum menggunakan sistem Barcode. Yang kedua memudahkan pengelola kelompok ternak untuk memberikan informasi data sapi secara cepat dan akurat kepada calon pembeli dan pengunjung. Yang Ketiga adanya kepedulian pemuda karang taruna Dusun Ngantru untuk menjadi kader & relawan IT Kelompok ternak SPR Mega Jaya, dan yang keempat meningkatkan pola manajemen data dan pemasaran sapi berbasis IT.

Kata kunci : Digitalisasi, Barcode, Pendampingan, SPR

References

Chika Riyanti dan Santoso Tri Raharjo, (2021), “Asset Based Community Development dalam Program Corporate Social Responsibility (CSR), Jurnal Kolaborasi Resolusi Konflik, No. 1, Vol. 3, 116.

Christopher Dureau, (2013) Pembaru dan Kekuatan Lokal Untuk Pembangunan, Australian Community Development and Civil Society Strengthening Scheme (ACCES) Tahap II, 96-97.

Kartika Tribuana Dewi,(2013), Kemitraan Masyarakat Peternak Sapi Perah Dengan Kud "Batu" Dalam Meningkatkan Ekonomi Masyarakat Peternak Sapi Perah, Jurnal Administrasi Publik, Vol 1, No. 4.

LPPM IPB, “SPR Bojonegoro”, httpp;//LPPM.IPB.ac.id/?page_id=8100, diakses pada tanggal 7 April 2021 pukul 22.50 wib.

Nurul Mahmudah. (2018). “Pemberdayaan Pada Anak-Anak Gang Dolly di SMA Artantika dengan Metode Asset Based Community Development”, Madani, No.1, Vol. 1, 17-29.

Sawitri, A. P., Ajiningrum, P. S., & Suhardiyah, M. (2018). Peningkatan Ekonomi Peternak Sapi Perah dan Masyarakat Desa Melalui Diversifikasi Produk Olahan Dengan Bahan Baku Susu Sapi. JPM (Jurnal Pemberdayaan Masyarakat), 3(2), 272 – 278

Sunartiningsih, A (Ed). (2004). Strategi Pemberdayaan MasyarakatYogyakarta: Aditya Media

Tim Penyusun KKN ABCD UNUGIRI Bojonegoro, (2021) Buku Pedoman Pelaksanaan KKN Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri Bojonegoro, (Bojonegoro: LPPM UNUGIRI Bojonegoro), 22.

Yudha Yudhanto, “Sejarah Teknologi Barcode”, Ilmu Komputer.Com, (2003-2007), 3.

Downloads

Published

2021-12-23

How to Cite

Zumrotul Fauziah. (2021). PENINGKATAN EKONOMI PETERNAK SAPI MELALUI DIGITALISASI DATA DENGAN BARCODE. Mafaza : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 11–24. https://doi.org/10.32665/mafaza.v1i1.260
Abstract View: 318, PDF Download: 263