ANALISIS KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS : DAMPAK LASSWELL COMMUNICATION BERBASIS PEMECAHAN MASALAH DAN KEPRIBADIAN KEIRSEY

Authors

  • Indah Resti Ayuni Suri Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung
  • Ruhban Masykur Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung
  • Ramayudha Dwi Aji G. Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung

DOI:

https://doi.org/10.32665/james.v4i1.168

Keywords:

Mathematical Connection Capabilities, Lasswell Communicatio, Troubleshooting, Keirsey's personality, Kemampuan Koneksi Matematis, Pemecahan Masalah, Kepribadian Keirsey

Abstract

This research has objectives, including analyzing the influence of the Lasswell Communication Model based on problem-solving and Keirsey's personality on the ability of mathematical connections. And to investigate the interaction between the Lasswell Communication Model based on problem-solving and Keirsey personality to the mathematical connection ability. Researchers will apply some action or treatment in this study using Quasi-experiments. The sampling technique is a technique used in selecting a sample "random" in research—the collection techniques in this study, namely: documentation techniques, interviews, essay tests. The data analysis technique used the normality test and homogeneity test using the Bartlett test. One of the parametric statistical tests is the Anava test. The study results concluded that: There is an influence between students who get the Lasswell Communication Model based on problem-solving learning on the ability of mathematical connections. There is no influence of the Keirsey personality type (guardian, artisan, rational, and idealist) on the mathematical connection abilities of students. There is no interaction between Lasswell's Communication Model learning based on problem-solving and Keirsey's personality type on students' mathematical connection abilities.

Abstrak

Penelitian ini memiliki tujuan, diantaranya : menganalisa pengaruh Lasswell Communication Model berbasis pemecahan masalah dan kepribadian keirsey terhadap kemampuan koneksi matematis. Serta Untuk menganalisa interaksi antara model pembelajaran Lasswell Communication Model berbasis pemecahan masalah dan kepribadian keirsey terhadap kemampuan koneksi matematis. Peneliti menggunakan Karena akan menerapkan sesuatu tindakan atau perlakuan maka dalam penelitian ini menggunakan Quasi eksperimen  Teknik sampling merupakan teknik yang digunakan dalam memilih suatu sampel secara “acak kelas” dalam penelitian. Teknik pengumpulan pada penelitian ini, yaitu: Teknik dokumentasi, Wawancara, tes uraian (essay).  Teknik Analisis Data dengan Uji normalitas dan Uji homogenitas menggunakan uji Bartlett,  Salah satu uji statistic parametik adalah uji Anava. hasil penelitian ditarik kesimpulan bahwa:  Terdapat pengaruh antara peserta didik yang memperoleh pembelajaran Lasswell Communication Model berbasis pemecahan masalah terhadap kemampuan koneksi matematis.   Tidak terdapat pengaruh tipe kepribadian keirsey (guardian, artisan, rational, dan idealist) terhadap kemampuan koneksi matematis peserta didik.  Tidak terdapat interaksi antara pembelajaran Lasswell Communication Model berbasis pemecahan masalah dan tipe kepribadian keirsey terhadap kemampuan koneksi matematis peseta didik.

References

Agung, A. Pendidikan Islam Dalam Meningkatkan Kualitas Sumber Daya Manusia. Al-Tarbawi Al-Haditsah: Jurnal Pendidikan Islam, 2(1), (2017).

Dacholfany, M. I. Inisiasi Strategi Manajemen Lembaga Pendidikan Islam Dalam Meningkatkan Mutu Sumber Daya Manusia Islami di Indonesia Dalam Menghadapi Era Globalisasi. At-Tajdid: Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Islam, 1(01), (2017).

Setiadi, H. Pelaksanaan penilaian pada Kurikulum 2013. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 20(2), (2016). 166–178.

Adisendjaja, Y. H., & Romlah, O. Pembelajaran Pendidikan Lingkungan Hidup: Belajar Dari Pengalaman Dan Belajar Dari Alam. Bandung: FMIPA Universitas Pendidikan Indonesia, (2009)

Ibrahim, J. Signifikansi Akhlak Dalam Pendidikan Islam. At-Tafkir, 10(1), (2017). 154–172.

Christiyanto, D. Y., Sulandra, I. M., & Rahardi, R. Proses Berpikir Kritis Siswa Reflektif dalam Menyelesaikan Masalah Matematika pada Materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 3(10), (2018), 1347–1358.

Hendri, S., & Kenedi, A. K. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Discovery Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas VIII SMP. Jurnal Inspirasi Pendidikan, 8(2), (2018), 10–24.

Putri, L. F., & Manoy, J. T. Identifikasi Kemampuan Matematika Siswa dalam Memecahkan Masalah Aljabar di Kelas VIII Berdasarkan Taksonomi SOLO. Jurnal MATHedunesa, 2(1), (2013), 1–8.

Ulya, H. Hubungan gaya kognitif dengan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Jurnal konseling GUSJIGANG, 1(2).(2015).

Agustina, L. Upaya meningkatkan kemampuan pemahaman konsep dan pemecahan masalah matematika siswa SMP Negeri 4 Sipirok kelas VII melalui pendekatan matematika realistik (PMR). EKSAKTA: Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran MIPA, 1(1), (2016).

Cahyani, H., & Setyawati, R. W. Pentingnya peningkatan kemampuan pemecahan masalah melalui PBL untuk mempersiapkan generasi unggul menghadapi MEA. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, (2017), 151–160.

Muzammil, O. M., Rowena, J., & Wijaya, A.. Manajemen Komunikasi Dan Interpretasi Diri Sebagai Pembekalan Dunia Kerja (Smk Yadika–Jakarta). Jurnal Pengabdian dan Kewirausahaan, 4(1), (2020).

Dyas Risky Aprilia, A. Profil Penalaran Siswa Smp Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Ditinjau Dari Tipe Kepribadian. MATHEdunesa, 6(2), (2017).

Dewi, N. R. Peningkatan Kemampuan Koneksi Matematis Mahasiswa Melalui Brain-Based Learning Berbantuan Web. Makalah Pendamping: Pendidikan Matematika, 4(1), (2013). 283–374.

Fitriah, A., & Aripin, U. Analisis kemampuan koneksi matematis dan self esteem siswa sma di kabupaten bandung barat. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 2(4), (2019), 197–208.

Winarso, W. Problem solving, creativity dan decision making dalam pembelajaran matematika. Eduma: Mathematics Education Learning and Teaching, 3(1), (2014).

Holis, A. Belajar Melalui Bermain untuk Pengembangan Kreativitas dan Kognitif Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan UNIGA, 10(1), (2017), 23–37.

Niron, M. D., Budiningsih, C. A., & Pujiriyanto, P. Rujukan integratif dalam pelaksanaan pendidikan karakter di sekolah dasar. Jurnal Kependidikan: Penelitian Inovasi Pembelajaran, 43(1), (2013).

Rahayu, G. D. S., & Firmansyah, D. Pengembangan pembelajaran inovatif berbasis pendampingan bagi guru sekolah dasar. Abdimas Siliwangi, 1(1), (2019).17–25.

Arfiasih, N. F. Peningkatan Karakter Dan Kemampuan Pemecahan Masalah Melalui Model Pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (Air) Pada Materi Segi Empat Kelas Vii. Universitas Negeri Semarang, (2015).

Izzati, N. Pengaruh Kemampuan Koneksi Dan Disposisi Matematis Terhadap Hasil Belajar Geometri Bidang Datar Mahasiswa IAIN Syekh Nurjati Cirebon. Eduma: Mathematics Education Learning And Teaching, 6(2), (2017). 33–40

Nursafitri, N., Handayani, N., Mayasari, M., & Amelia, R. Menganalisis Kemampuan koneksi Matematis Pada Materi Bangun Datar Siswa Smpn Di Bandung Barat. Jurnal Pendidikan Tambusai, 2(3), (2018). 1820–1828.

Siagian, M. D. Kemampuan koneksi matematik dalam pembelajaran matematika. MES: Journal of Mathematics Education and Science, 2(1), (2016).

Khoidah, A. N. Peningkatan Pemahaman Konsep Matematika Melalui Penerapan Lasswel Comunication Model, (2016).

Widodo, T., & Kadarwati, S. Higher order thinking berbasis pemecahan masalah untuk meningkatkan hasil belajar berorientasi pembentukan karakter siswa. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 5(1), (2013).

Prasetyo, A. Kemampuan Koneksi dan Disposisi Matematis Siswa Ditinjau dari Tipe Kepribadian Keirsey pada Pembelajaran Matematika Model Eliciting Activities. Universitas Negeri Semarang, (2017).

Downloads

Published

2021-04-30

How to Cite

Suri , I. R. A. ., Masykur, R. ., & Aji G., R. D. . (2021). ANALISIS KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS : DAMPAK LASSWELL COMMUNICATION BERBASIS PEMECAHAN MASALAH DAN KEPRIBADIAN KEIRSEY. Journal of Mathematics Education and Science, 4(1), 7–14. https://doi.org/10.32665/james.v4i1.168