PENINGKATAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS: DAMPAK PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA (PMRI) BERNUANSA ISLAMI

Abstract View: 355, PDF Download: 574

Authors

  • Renny Saputri Yuliyanti Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung
  • Ruhban Masykur Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung
  • Indah Resti Ayuni Suri Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung

DOI:

https://doi.org/10.32665/james.v4i1.172

Keywords:

Kemampuan Komunikasi Matematis, PMRI, Bernuansa Islami, Mathematical Communication Capabilities, Islamic Nuances

Abstract

References

Dayu Citra Wahyuni, Iip Sugiharta. Blended Learning dan E-Learning Berbasis Edmodo Dalam Peningkatan Motivasi Belajar Matematika. Al-Khawarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 7(1). (2019).

Miftahul Ulva dan Indah Resti Ayuni Suri. Pengaruh Model Pembelajaran Auditory Intellectualy Repetition Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Peserta Didik. UNION: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1). (2019).

Muhammad Yasin. Analisis Kesulitan Belajar: Dampak Latar Belakang Kejuruan ditinjau dari Proses Pembelajaran Matematika Perguruan Tinggi. Desimal: Jurnal Matematika, 2(1). (2019).

Ratna Ambarwati, Dwijanto, dan Putriaji Hendikawati. Keefektifan Model Project-Based Learning Berbasis GQM Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Dan Percaya Diri Siswa Kelas VII. Unnes Journal of Methematics Edcation, 4(2). (2015).

Fredi Ganda Putra. Pengaruh Model Pembelajaran Reflektif dengan Pendekatan Matematika Realistik Bernuansa KeIslaman Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Peserta Didik. Al-Jabar : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2). (2016).

Lekok Melya dan Nanang Supriadi. Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Ditinjau dari Tipe Kepribadian Guardian dan Idealist. Desimal: Jurnal Matematika, 1(3). (2018).

Yosmarniati, Edwin Musdi, Yusmet Rizal. Upaya Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa Melalui Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik. Jurnal Pendidikan Matematika, Part 3, 1(1), (2012).

Supriadi, N. Pembelajaran geometri berbasis geogebra sebagai upaya meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa madrasah tsanawiyah (MTs). Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), (2015), 99–110.

Kesumawati, N. Meningkatkan kemampuan pemahaman matematis siswa SMP melalui pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI). Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), (2012). 30–44.

Utami, T. N., Jatmiko, A., & Suherman, S. Pengembangan Modul Matematika dengan Pendekatan Science, Technology, Engineering, And Mathematics (STEM) pada Materi Segiempat. Desimal: Jurnal Matematika, 1(2), (2018), 165–172.

Artawan, K. A., Japa, I. G. N., & Suarjana, I. M. Penerapan pendekatan pendidikan matematika realistik indonesia untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika siswa kelas v sd negeri 4 suwug kecamatan sawan kabupaten buleleng tahun pelajaran 2013/2014. MIMBAR PGSD Undiksha, 2(1). (2014).

Downloads

Published

2021-04-30

How to Cite

[1]
R. S. Yuliyanti, R. Masykur, and I. R. A. . Suri, “PENINGKATAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS: DAMPAK PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA (PMRI) BERNUANSA ISLAMI”, JaMES, vol. 4, no. 1, pp. 23–29, Apr. 2021.
Abstract View: 355, PDF Download: 574