Keefektifan Metode Problem Based Learning Terhadap Capaian Belajar Mata Kuliah Stokastik

Abstract View: 243, PDF Download: 175

Authors

  • Sofia Andika Nur Fajrina Program Studi Statistika, Universitas Airlangga
  • Karina Rubita Makhbubah Program Studi Statistika, Universitas Airlangga
  • Bintang Alyaa Sabila Program Studi Statistika, Universitas Airlangga
  • Muhammad Rizaldy Baihaqi Program Studi Statistika, Universitas Airlangga
  • M.Fariz Fadillah Mardianto Program Studi Statistika, Universitas Airlangga
  • Dita Amelia Program Studi Statistika, Universitas Airlangga
  • Elly Ana Program Studi Statistika, Universitas Airlangga

DOI:

https://doi.org/10.32665/james.v6i1.1338

Keywords:

MANOVA, stochastics course, minat belajar, prestasi belajar, Problem Based Learning, mata kuliah Proses Stokastik

Abstract

Proses Stokastik merupakan mata kuliah yang fundamental di Program Studi Statistika Universitas Airlangga. Penelitian ini memberikan gambaran hasil implementasi metode pembelajaran Proses Stokastik di Universitas Airlangga. Metode pembelajaran tersebut menggunakan dua metode yakni metode ekspositori berupa pembelajaran teori dan metode Problem Based Learning atau PBL berupa pembelajaran menggunakan pemahaman terhadap masalah yang ada. Penelitian ini menggunakan populasi mahasiswa Program Studi Statistika Universitas Airlangga semester lima tahun ajaran 2021/2022. Untuk teknik pengumpulan sampel menggunakan teknik purposive sampling yang terdiri dari satu kelas sebanyak 55 mahasiswa dengan perlakuan yang sama. Metode pengumpulan data dilakukan berdasarkan nilai tugas, UTS, PBL, dan UAS mata kuliah Proses Stokastik. Untuk nilai tugas dan UTS menggunakan metode ekspositori sedangkan untuk nilai PBL dan UAS menggunakan metode PBL. Selanjutnya, dianalisis menggunakan pengujian MANOVA untuk mengukur pengaruh variabel independen yang berskala kategorik terhadap beberapa variabel dependen sekaligus yang berskala data kuantitatif. Dari hasil analisis data yang dilakukan menggunakan pengujian MANOVA diperoleh hasil bahwa terdapat pengaruh metode pembelajaran yang digunakan terhadap capaian belajar mahasiswa mata kuliah Proses Stokastik.

References

F. Muhammad and Sulistyorini, “Meningkatkan Mutu Pembelajaran Sesuai Standar Nasional,” vol. 21, no. 1, pp. 1–9, 2020, [Online]. Available: http://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/JKM/article/view/2203.

S. Soeprapto, “An Axiological foundation of the indonesian national education system in the perspective of philosophy of education,” Cakrawala Pendidik., no. 2, pp. 266–276, 2013.

K. McCaughan, “Barrows’ Integration of Cognitive and Clinical Psychology in PBL Tutor Guidelines,” Interdiscip. J. Probl. Learn., vol. 7, no. 1, 2013, doi: 10.7771/1541-5015.1318.

R. Ariana, “HUBUNGAN ANTARA MINAT BELAJAR, CITA-CITA SISWA, KOMPETENSI GURU, KOMUNITAS TEMAN SEBAYA DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SMA NEGERI DI KABUPATEN SLEMAN Iman,” no. 1, pp. 1–23, 2016.

R. A. Sholikhakh, H. Pujiarto, and S. Suwandono, “Keefektifan Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Minat dan Prestasi Belajar Matematika,” J. Medives J. Math. Educ. IKIP Veteran Semarang, vol. 3, no. 1, p. 33, 2019, doi: 10.31331/medivesveteran.v3i1.561.

B. A. B. Ii and D. Teori, “Trianto, Model Pembelajaran Terpadu , PT. Bumi Aksara, Jakarta, 2011, hlm.51. Ibid , hlm. 55 11,” pp. 11–35, 2011.

K. A. P. and J. P. Stevens, APPLIED MULTIVARIATE STATISTICS FOR THE SOCIAL SCIENCES Analyses with SAS and IBM‘s SPSS Sixth, vol. 44, no. 8. 2011.

S. Sutrisno and D. Wulandari, “Multivariate Analysis of Variance (MANOVA) untuk Memperkaya Hasil Penelitian Pendidikan,” AKSIOMA J. Mat. dan Pendidik. Mat., vol. 9, no. 1, p. 37, 2018, doi: 10.26877/aks.v9i1.2472.

Y. Sari, S. Sutrisno, and S. Sugiyanti, “Experimentation of Problem Based Learning (PBL) Model on Student Learning Motivation and Achievement on Circle Material,” Form. J. Ilm. Pendidik. MIPA, vol. 9, no. 4, pp. 315–324, 2020, doi: 10.30998/formatif.v9i4.3650.

M. Olyvia, Gimin, and Hendripides, “Pengaruh Fasilitas Belajar, Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas XI IPS di SMA Negeri 12 Pekanbaru,” Journal, pp. 1–13, 2015.

J. J. Gross, “Conceptual and Empirical Foundations,” Hanb. Regul. Emot. Second Ed., pp. 3–20, 2014.

Downloads

Published

2023-04-28

How to Cite

[1]
S. A. N. Fajrina, “Keefektifan Metode Problem Based Learning Terhadap Capaian Belajar Mata Kuliah Stokastik”, JaMES, vol. 6, no. 1, pp. 55–59, Apr. 2023.
Abstract View: 243, PDF Download: 175

Most read articles by the same author(s)