ANALISIS KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS : DAMPAK LASSWELL COMMUNICATION BERBASIS PEMECAHAN MASALAH DAN KEPRIBADIAN KEIRSEY
Abstract View: 341, PDF Download: 383DOI:
https://doi.org/10.32665/james.v4i1.168Keywords:
Mathematical Connection Capabilities, Lasswell Communicatio, Troubleshooting, Keirsey's personality, Kemampuan Koneksi Matematis, Pemecahan Masalah, Kepribadian KeirseyAbstract
References
Agung, A. Pendidikan Islam Dalam Meningkatkan Kualitas Sumber Daya Manusia. Al-Tarbawi Al-Haditsah: Jurnal Pendidikan Islam, 2(1), (2017).
Dacholfany, M. I. Inisiasi Strategi Manajemen Lembaga Pendidikan Islam Dalam Meningkatkan Mutu Sumber Daya Manusia Islami di Indonesia Dalam Menghadapi Era Globalisasi. At-Tajdid: Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Islam, 1(01), (2017).
Setiadi, H. Pelaksanaan penilaian pada Kurikulum 2013. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 20(2), (2016). 166–178.
Adisendjaja, Y. H., & Romlah, O. Pembelajaran Pendidikan Lingkungan Hidup: Belajar Dari Pengalaman Dan Belajar Dari Alam. Bandung: FMIPA Universitas Pendidikan Indonesia, (2009)
Ibrahim, J. Signifikansi Akhlak Dalam Pendidikan Islam. At-Tafkir, 10(1), (2017). 154–172.
Christiyanto, D. Y., Sulandra, I. M., & Rahardi, R. Proses Berpikir Kritis Siswa Reflektif dalam Menyelesaikan Masalah Matematika pada Materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 3(10), (2018), 1347–1358.
Hendri, S., & Kenedi, A. K. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Discovery Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas VIII SMP. Jurnal Inspirasi Pendidikan, 8(2), (2018), 10–24.
Putri, L. F., & Manoy, J. T. Identifikasi Kemampuan Matematika Siswa dalam Memecahkan Masalah Aljabar di Kelas VIII Berdasarkan Taksonomi SOLO. Jurnal MATHedunesa, 2(1), (2013), 1–8.
Ulya, H. Hubungan gaya kognitif dengan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Jurnal konseling GUSJIGANG, 1(2).(2015).
Agustina, L. Upaya meningkatkan kemampuan pemahaman konsep dan pemecahan masalah matematika siswa SMP Negeri 4 Sipirok kelas VII melalui pendekatan matematika realistik (PMR). EKSAKTA: Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran MIPA, 1(1), (2016).
Cahyani, H., & Setyawati, R. W. Pentingnya peningkatan kemampuan pemecahan masalah melalui PBL untuk mempersiapkan generasi unggul menghadapi MEA. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, (2017), 151–160.
Muzammil, O. M., Rowena, J., & Wijaya, A.. Manajemen Komunikasi Dan Interpretasi Diri Sebagai Pembekalan Dunia Kerja (Smk Yadika–Jakarta). Jurnal Pengabdian dan Kewirausahaan, 4(1), (2020).
Dyas Risky Aprilia, A. Profil Penalaran Siswa Smp Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Ditinjau Dari Tipe Kepribadian. MATHEdunesa, 6(2), (2017).
Dewi, N. R. Peningkatan Kemampuan Koneksi Matematis Mahasiswa Melalui Brain-Based Learning Berbantuan Web. Makalah Pendamping: Pendidikan Matematika, 4(1), (2013). 283–374.
Fitriah, A., & Aripin, U. Analisis kemampuan koneksi matematis dan self esteem siswa sma di kabupaten bandung barat. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 2(4), (2019), 197–208.
Winarso, W. Problem solving, creativity dan decision making dalam pembelajaran matematika. Eduma: Mathematics Education Learning and Teaching, 3(1), (2014).
Holis, A. Belajar Melalui Bermain untuk Pengembangan Kreativitas dan Kognitif Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan UNIGA, 10(1), (2017), 23–37.
Niron, M. D., Budiningsih, C. A., & Pujiriyanto, P. Rujukan integratif dalam pelaksanaan pendidikan karakter di sekolah dasar. Jurnal Kependidikan: Penelitian Inovasi Pembelajaran, 43(1), (2013).
Rahayu, G. D. S., & Firmansyah, D. Pengembangan pembelajaran inovatif berbasis pendampingan bagi guru sekolah dasar. Abdimas Siliwangi, 1(1), (2019).17–25.
Arfiasih, N. F. Peningkatan Karakter Dan Kemampuan Pemecahan Masalah Melalui Model Pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (Air) Pada Materi Segi Empat Kelas Vii. Universitas Negeri Semarang, (2015).
Izzati, N. Pengaruh Kemampuan Koneksi Dan Disposisi Matematis Terhadap Hasil Belajar Geometri Bidang Datar Mahasiswa IAIN Syekh Nurjati Cirebon. Eduma: Mathematics Education Learning And Teaching, 6(2), (2017). 33–40
Nursafitri, N., Handayani, N., Mayasari, M., & Amelia, R. Menganalisis Kemampuan koneksi Matematis Pada Materi Bangun Datar Siswa Smpn Di Bandung Barat. Jurnal Pendidikan Tambusai, 2(3), (2018). 1820–1828.
Siagian, M. D. Kemampuan koneksi matematik dalam pembelajaran matematika. MES: Journal of Mathematics Education and Science, 2(1), (2016).
Khoidah, A. N. Peningkatan Pemahaman Konsep Matematika Melalui Penerapan Lasswel Comunication Model, (2016).
Widodo, T., & Kadarwati, S. Higher order thinking berbasis pemecahan masalah untuk meningkatkan hasil belajar berorientasi pembentukan karakter siswa. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 5(1), (2013).
Prasetyo, A. Kemampuan Koneksi dan Disposisi Matematis Siswa Ditinjau dari Tipe Kepribadian Keirsey pada Pembelajaran Matematika Model Eliciting Activities. Universitas Negeri Semarang, (2017).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Journal of Mathematics Education and Science
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) before and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work