Pengaruh Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) Berbantuan Kahoot terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa

Abstract View: 169, PDF Download: 142

Authors

  • Anisa Wulandari Universitas Tidar
  • Zuida Ratih Hendrastuti Universitas Tidar
  • Dita Aldila Krisma Universitas Tidar

DOI:

https://doi.org/10.32665/james.v7i2.3026

Keywords:

Kahoot, mathematical communication skills, TGT learning model, direct learning model

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu untuk menelaah ketuntasan klasikal kemampuan komunikasi matematis siswa yang diterapkan model TGT berbantuan Kahoot, menelaah ketuntasan klasikal kemampuan komunikasi matematis siswa yang diterapkan model pembelajaran langsung dan menelaah kemampuan komunikasi matematis siswa yang diterapkan model TGT berbantuan Kahoot lebih baik dari model pembelajaran langsung. Metode penelitian ini yaitu quasi experiment dengan teknik cluster random sampling. Sedangkan pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, tes serta dokumentasi. Didapatkan hasil dari penelitian ini yaitu kemampuan komunikasi matematis siswa yang diterapkan model pembelajaran TGT berbantuan Kahoot dan kemampuan komunikasi matematis siswa yang diterapkan model pembelajaran langsung mencapai ketuntasan klasikal sebesar 90%. Sementara itu kemampuan komunikasi matematis siswa yang diterapkan model pembelajaran TGT berbantuan Kahoot lebih baik dibandingkan kemampuan komunikasi matematis siswa yang diajar dengan model pembelajaran langsung dengan nilai t_hitung = 2,230 > t_tabel = 1,671.

References

D. Ramdani and L. Badriah, “Korelasi Antara Kemampuan Berpikir Kritis dengan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbasis Blended Learning pada Materi Sistem Respirasi Manusia,” J. Bio Educ., vol. 3, no. 2, pp. 37–44, 2018.

N. C. of T. of Mathematics, Principles and Standards for School Mathematics. 2000.

H. Hendriana and G. Kadarisma, “Self-Efficacy dan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP,” JNPM (Jurnal Nas. Pendidik. Mat., vol. 3, no. 1, p. 163, 2019, doi: 10.33603/jnpm.v3i1.2033.

T. S. Sumartini, “Meningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Melalui Model Pembelajaran Predict Observe Explanation,” JES-MAT (Jurnal Edukasi dan Sains Mat., vol. 3, no. 2, p. 176, 2017, doi: 10.25134/jes-mat.v3i2.689.

A. Qohar and U. Sumarmo, “Improving Mathematical Communication Ability and Self Regulation Learning of Yunior High Students by Using Reciprocal Teaching,” J. Math. Educ., vol. 4, no. 1, pp. 59–74, 2013, doi: 10.22342/jme.4.1.562.59-74.

C. P. Permata, Kartono, and Sunarmi, “Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas VIII SMP Pada Model Pembelajaran TSTS dengan Pendekatan Scientific,” Unnes J. Math. Educ., vol. 4, no. 2, pp. 127–133, 2015, [Online]. Available: http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ujme

T. D. Anggraeni, T. C. Wulandari, Y. I. N. Ilmi, and A. Amalia, “Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Tps (Think, Pair, Share) Berbantuan ‘Kahoot!’ Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis,” J. Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran, vol. 18, no. 20, pp. 1–5, 2023, [Online]. Available: https://repository.unej.ac.id/handle/123456789/80634%0Ahttps://repository.unej.ac.id/bitstream/handle/123456789/80634/Ahmad So’im Andi Prasetyo - 130210204102_.pdf?sequence=1&isAllowed=y

T. Ariani and D. Agustini, “Model Pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD) dan Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT): Dampak terhadap Hasil Belajar Fisika,” Sci. Phys. Educ. J., vol. 1, no. 2, pp. 65–77, 2018, doi: 10.31539/spej.v1i2.271.

A. Toifur and W. D. Kurniawan, “Efektivitas Metode Pembelajaran Teams Games Tournaments (TGT) Terhadap Kemampuan Komunikasi Siswa,” JTPM, vol. 11, no. 2, pp. 147–153, 2022.

B. A. Rahayu and E. Suryani, “Pengaruh Model Teams Games Tournament (TGT) Berbantuan Media Ular Tangga untuk Pemahaman Konsep Siswa pada Pelajaran IPA Kelas 4 SD Negeri Bakalrejo 01,” Media Penelit. Pendidik. J. Penelit. dalam Bid. Pendidik. dan Pengajaran, vol. 16, no. 1, pp. 14–20, 2022, [Online]. Available: http://journal.upgris.ac.id/index.php/mediapenelitianpendidikan/article/view/12038

C. P. Sari and R. H. Soesanto, “PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN KAHOOT SEBAGAI PENDORONG KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA,” Semin. Nas. Pendidik. Mat., vol. 3, no. 1, pp. 11–20, 2022.

D. Hartanti, “Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa dengan Media Pembelajaran Interaktif Game Kahoot Berbasis Hypermedia,” Pros. Semin. Nas., vol. 1, no. 1, pp. 78–85, 2019, [Online]. Available: https://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/snpep2019/article/view/5631

S. Higinik, J. Sumayku, and O. E. S. Liando, “Pengaruh Penggunaan Media Edukasi Kahoot Terhadap Motivasi Belajar Simulasi dan Komunikasi Digital Siswa Kelas X BDP SMK Negeri 2 Tondano,” EduTIK J. Pendidik. Teknol. Inf. dan Komun., vol. 3, no. 4, pp. 467–479, 2023, [Online]. Available: https://ejurnal.unima.ac.id/index.php/edutik/article/view/2922

N. Nasriani, “Pengaruh Pelaksanaan Model Kooperatif Tipe Tgt (Team Games Tournament) Terhadap Kemampuan Berkomunikasi Siswa Kelas V Sdn 201 Tammu-Tammu,” Scolae J. Pedagog., vol. 3, no. 1, pp. 1–9, 2020, doi: 10.56488/scolae.v3i1.52.

N. M. Sanusi and F. Widyaningsih, “Penerapan Model Pembelajaran Teams Games Tournament ( TGT ) Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Pada Pokok Bahasan Pecahan,” Jkpm, vol. 1, no. 2, pp. 17–23, 2014.

I. K. A. Suandika, I. N. P. Nugraha, and L. J. E. Dewi, “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Game Tournament (TGT) Terhadap Keaktifan dan Hasil Belajar Pekerjaan Dasar Otomotif Siswa Kelas X TKRO SMK Negeri 1 Denpasar,” J. Pendidik. Tek. Mesin Undiksha, vol. 8, no. 2, pp. 69–78, 2020, doi: 10.23887/jptm.v8i2.27599.

D. Mulyadi, “Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dengan Menerapkan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Game Tournament (TGT),” JIIP - J. Ilm. Ilmu Pendidik., vol. 5, no. 10, pp. 4537–4543, 2022, doi: 10.54371/jiip.v5i10.1048.

Muliana and Nuraina, “Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas VIII SMP dengan Model Pembelajaran Koperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) dan Alat Peraga,” J. Pembelajaran dan Mat. Sigma, vol. 6, no. 2, pp. 41–46, 2020.

Mariyatie, “Efektivitas Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) dengan Menggunakan Media ‘3 in 1’ dalam Pembelajaran Matematika,” J. Bimbing. dan konseling, vol. 8, no. 1, pp. 45–52, 2022.

E. Sohilait, Metodologi Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: Cakra, 2020.

R. F. Kusumadewi, N. Ulia, and N. Ristanti, “Efektivitas Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Kemampuan Literasi Matematika di Sekolah Dasar,” Sekol. Dasar Kaji. Teor. dan Prakt. Pendidik., vol. 28, no. 1, pp. 11–16, 2019, doi: 10.17977/um009v28i12019p011.

A. P. Zaditania and R. M. Ruli, “Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal Himpunan,” J. Educ. FKIP UNMA, vol. 8, no. 1, pp. 328–336, 2022, doi: 10.31949/educatio.v8i1.1997.

Asmawati, Syamsinar, and Palimari, “Evektivitas Pembelajaran Matematika Melalui Penerapan Model Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT),” AL-IRSYAD J. Math. Educ., vol. 1, no. 2, pp. 2828–5478, 2022.

A. Suryani, I. M. Suarjana, and H. Artini, “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT (Teams Games Tournament) Berbantuan Cara Sengkedan dan Metode Bernyanyi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Faktor dan Kelipatan,” Indones. Gend. Soc. J., vol. 1, no. 1, pp. 29–34, 2020, doi: 10.23887/igsj.v1i1.38986.

S. Sa’adilla, Sofiyan, and Fadilah, “Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Dengan Menggunakan Model Teams Games Tournament (Tgt) Pada Pembelajaran Matematika,” J. Ilm. Mat. Realis., vol. 3, no. 1, pp. 28–35, 2020.

E. L. Herawati, “Menerapkan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP S.Islamiyah Hessa Air Genting Tahun Pelajaran 2019/2020,” J. Penelitian, Pendidik. dan Pengajaran, vol. 3, no. 2, pp. 117–125, 2022.

Y. P. Dewi, N. Sridana, Baidowi, and Sripatmi, “Efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe teams games tournaments ( TGT ) terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri 3 Kempo,” Griya J. Math. Educ. Appl., vol. 1, no. 2, pp. 254–262, 2021.

A. MASYRUFIN, “Pengembangan Game Kahoot Sebagai Media Evaluasi Hasil Belajar Siswa,” EDUTECH J. Inov. Pendidik. Berbantuan Teknol., vol. 2, no. 1, pp. 64–74, 2022, doi: 10.51878/edutech.v2i1.977.

M. Septianingsih, “Pembelajaran Langsung pada PTMT Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IX-4 SMPN 1 Pasir Penyu,” J. Pendidik. Tambusai, vol. 5, no. 3, pp. 8407–8415, 2021, [Online]. Available: https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/2345

E. D. Panggabean, “Penerapan Pembelajaran Langsung Untuk Meningkatkan Ketuntasan Belajar Menghitung Barisan dan Deret Siswa Kelas XI SMA Santa Maria Medan Tahun Pelajaran 2016/2017,” J. Difer. Pendidik., vol. 01, no. 1, pp. 1–8, 2023.

D. J. Panjaitan, “Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dengan Metode Pembelajaran Langsung,” Mat. Paedagog., vol. 1, no. 1, pp. 83–90, 2016.

D. Fitraini, I. M. Lubis, and A. Kurniati, “Pengaruh Scaffolding terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Berdasarkan Kemadirian Belajar Siswa,” Suska J. Math. Educ., vol. 7, no. 1, pp. 49–58, 2021, doi: 10.24014/sjme.v7i1.12353.

A. Amiruddin, D. M. Sarah, A. I. V. Vika, N. Hasibuan, M. S. Sipahutar, and F. E. M. Simamora, “Pengaruh Pemberian Reward dan Punishment Terhadap Motivasi Belajar Siswa,” Edu Cendikia J. Ilm. Kependidikan, vol. 2, no. 1, pp. 210–219, 2022, doi: 10.47709/educendikia.v2i01.1596.

Downloads

Published

2024-10-08

How to Cite

[1]
A. Wulandari, Z. R. Hendrastuti, and D. A. Krisma, “Pengaruh Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) Berbantuan Kahoot terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa”, JaMES, vol. 7, no. 2, pp. 155–165, Oct. 2024.
Abstract View: 169, PDF Download: 142