Implementasi Inferensi Fuzzy Tsukamoto dalam Memprediksi Keputusan Pembelian Laptop

Abstract View: 312, PDF Download: 243

Authors

  • Nur Fadilatul Ilmiyah Institut Agama Islam Negeri Kediri
  • Nalsa Cintya Resti Institut Agama Islam Negeri Kediri

DOI:

https://doi.org/10.32665/james.v5i1.374

Keywords:

Tsukamoto, Inferensi, Prediksi, Laptop, Inference, Prediction

Abstract

Laptop merupakan salah satu kebutuhan primer yang digunakan manusia untuk menunjang pekerjaannya. Permasalahan muncul ketika seseorang akan membeli laptop yang sesuai dengan kebutuhan dan kondisi finansialnya, sedangkan produsen harus sigap dalam mengambil peluang pasar. Penelitian ini bertujuan untuk menyajikan ilustrasi tentang seberapa besar antusias konsumen akan membeli suatu laptop dengan meninjau ukuran RAM, kapasitas Harddisk, dan harga jual. Adapun spesifikasi laptop yang digunakan adalah laptop dengan ukuran RAM 2 GB, kapasitas Harddisk 320 GB, dan harga jual Rp 6.500.000. Dari hasil perhitungan disimpulkan bahwa kemungkinan konsumen untuk membeli laptop A adalah sebesar 48,45%. Jika menilik pada derajat keanggotaan nilai z, peluang konsumen tidak membeli adalah sebesar 0,0309785, sedangkan peluang konsumen untuk mempertimbangkan pembelian adalah sebesar 0,9690215.

References

G. P. Kurmalasera, J. S. M. Saerang, and L. Rares, “Hubungan Waktu Penggunaan Laptop dengan Keluhan Penglihatan pada Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Sam Ratulangi,” J. e-Biomedik, vol. 1, no. 1, pp. 291–299, 2013.

U. Sumarwan and H. R. Fitriyana, “Analisis Ekuitas Merek Laptop pada Mahasiswa Institut Pertanian Bogor,” J. Ilmu Kel. dan Konsum., vol. 3, no. 2, pp. 190–196, 2010.

S. S. Ningsih, F. F. Lintong, and J. F. Rumampuk, “Hubungan Penggunaan Laptop dan Fungsi Penglihatan Mahasiswa Angkatan 2011 Fakutas Kedokteran Universitas Sam Ratulangi Manado,” J. e-Biomedik, vol. 3, no. 3, pp. 763–769, 2015.

M. R. Hermawan, and R. Alam, “Logika Fuzzy Mamdani Untuk Mendukung Keputusan Pembelian Laptop,” KLIK Kaji. Ilm. Inform. dan Komput., vol. 1, no. 3, pp. 98–103, 2020.

A. D. Jatmiko, S. H. Anwariningsih, and D. Susilo, “Implementasi Logika Fuzzy Untuk Sistem Pendukung Keputusan (Studi Kasus Di Toko Komputer Mascom Sukoharjo),” J. Gaung Inform., vol. 9, no. 1, pp. 12–22, 2016.

R. Harman, “Analisis Fungsi Borda dalam Keputusan Pembelian Laptop (Studi Kasus pada Sekolah Menengah Atas Negeri-5 Batam),” CBIS J., vol. 3, no. 1, 2015.

N. A. Syafitri and D. P. A. Sutardi, “Penerapan Metode Weighted Product dalam Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Laptop Berbasis Web,” semanTIK, vol. 2, pp. 169–176, 2016.

M. Iqbal and N. Suryadi, “Perilaku Pembelian Laptop oleh Mahasiswa Strata 1 Universitas Brawijaya Malang,” J. Ilm. Mhs. FEB, vol. 2, no. 2, pp. 1–18, 2013.

G. P. Sanyoto, R. I. Handayani, and E. Widanengsih, “Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Laptop Untuk Kebutuhan Operasional Dengan Metode AHP (Studi Kasus: Direktorat Pembinaan Kursus Dan Pelatihan Kemdikbud),” J. Pilar Nusa Mandiri, vol. 13, no. 2, pp. 167–174, 2017.

R. Pardede, and T. Y. Haryadi, “Pengaruh persepsi harga dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian konsumen yang dimediasi kepuasan konsumen,” J. Bus. Appl. Manag., vol. 10, no. 1, pp. 55–79, 2017.

N. M. Arsyanti, S. Rahayu, and T. Astuti “Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Layanan dan Keragaman Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan Serta Dampaknya Terhadap Minat Beli Ulang (Studi pada Toko Online Shopastelle, Semarang ),” Diponegoro J. Manag., vol. 5, no. 2, pp. 1–11, 2016.

K. E. Kendall, and J. E. Kendall, “Analisis dan Perancangan Sistem,” Jakarta: PT. Prenhallindo, 2003.

E. Turban, J. E. Aronson, and T. P. Liang, “Decission Support Systems and Intelligent Systems (Sistem Pendukung Keputusan dan Sistem Cerdas)” Andi Offset, Yogyakarta, 2005.

A. P. Manullang, A. Prahutama, and R. Santoso, “Penerapan Metode Simple Additive Weighting (SAW) dan Weighted Product (WP) dalam Sistem Penunjang Pemilihan Laptop Terfavorit Menggunakan GUI Matlab,” J. Gaussian, vol. 7, no. 2006, 2018.

N. Sumarsih, “Perancangan dan Penerapan Metode Weighted Product dalam Sistem Pendukung Keputusan Pembelian Laptop,” J. Ris. Inform., vol. 1, no. 4, pp. 205–210, 2019.

A. S. Ahmad, and E. D. Sikumbang, “Metode Analitycal Hierarchy Process Dalam Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Laptop,” J. Inf. Manag. Educ. Prof., vol. 3, no. 1, pp. 11–20, 2018.

S. Sunarsa, and R. I. Handayani, “Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Laptop untuk Karyawan pada PT. Indotekno dengan Menggunakan Metode Analitycal Hierarchy Prosess,” J. Ilmu Pengetah. dan Teknol. Komput., vol. 2, no. 1, pp. 5–10, 2016.

F. Huzaeni, M. A. Faizal, and A. P. Widyassari, “Implementasi Metode Promethee Untuk Pendukung Keputusan Dalam Pemilihan Laptop,” J. Ilm. Intech Inf. Technol. J. UMUS, vol. 3, no. 01, pp. 21–31, 2021.

T. P. Hastuti, and T. D. Wismarini, “Implementasi Metode Fuzzy Saw untuk Pemilihan Laptop pada Sistem Pendukung Keputusan Berbasis Web,” Proceeding SINTAK 2019, pp. 525–531, 2019.

F. Satria, and A. J. P. Sibarani, “Penerapan Metode Fuzzy Tsukamoto untuk Pemilihan Karyawan Terbaik Berbasis Java Desktop,” J. Teknol. Inf. Komun. Digit. Zo., vol. 11, no. 1, pp. 130–143, 2020.

Yudhistira, “Yudhistira,” Daftar Laptop RAM 8GB Termurah 2022, Mulai 6 Jutaan. 2021, [Online]. Available: www.bhinneka.com: https://www.bhinneka.com/blog/laptop-ram-8gb/.

S. Kusumadewi, and H. Purnomo, “Aplikasi Logika Fuzzy untuk Pendukung Keputusan.” Graha Ilmu, Yogyakarta, 2010.

Downloads

Published

2022-04-30

How to Cite

[1]
N. F. Ilmiyah and N. C. Resti, “Implementasi Inferensi Fuzzy Tsukamoto dalam Memprediksi Keputusan Pembelian Laptop”, JaMES, vol. 5, no. 1, pp. 23–30, Apr. 2022.
Abstract View: 312, PDF Download: 243