EKSPERIMEN MENARA GELEMBUNG UNTUK MENINGKATKAN KARAKTER BERNALAR KRITIS ANAK PAUD

Abstract View: 0, pdf Download: 0

Authors

  • Sholehah Yuliati Yazid Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang
  • Siti Inganah Universitas Muhammadiyah Malang
  • Nur Ifyati Universitas Muhammadiyah Malang

DOI:

https://doi.org/10.32665/abata.v5i2.4539

Keywords:

anak usia dini; bernalar kritis; menara gelembung; discovery learning; pembelajaran eksploratif.

Abstract

Penanaman karakter bernalar kritis pada anak usia dini menjadi landasan penting dalam membentuk generasi yang berpikir logis, kritis, percaya diri, dan kreatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas eksperimen Menara Gelembung sebagai media stimulatif dalam menumbuhkan karakter bernalar kritis anak melalui model pembelajaran Discovery Learning. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan desain Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus pada anak kelompok B usia 5–6 tahun di TK ABA Kapas Bojonegoro. Data penelitian diperoleh melalui observasi, dokumentasi, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan pada kemampuan anak dalam mengajukan pertanyaan, menganalisis hubungan sebab-akibat, dan menyimpulkan secara sederhana. Media Menara Gelembung terbukti efektif mengaktifkan rasa ingin tahu anak serta memberikan pengalaman eksploratif yang bermakna. Dengan demikian, eksperimen ini dapat dijadikan alternatif media edukatif yang relevan untuk menumbuhkan karakter bernalar kritis sekaligus memperkuat dimensi Profil Pelajar Pancasila. Disarankan agar penggunaan media eksploratif berbasis Discovery Learning terus dikembangkan dalam pembelajaran anak usia dini.

References

Adawiyah, R., Hani, E., At-taghyir, B., & At-taghyir, B. (2024). Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Melalui Pembelajaran Sains Pada Anak Usia 4-5 Tahun. 5(1), 57–66.

Bestari, M., & Nurhayati. (2023). Exploration of Strategies to Enhance the Character Education of Students for the Development of High-Quality Indonesian Human Resources. Enigma in Education, 1(1), 16–20. https://doi.org/10.61996/edu.v1i1.4

Creswell, J. W. (2014). Design Research kuantitaif Kualitatif. Annaba.

Dina Fauziyyah Qoyyimah Ajhari Hakim, Retno Triwoelandari, & Ikhwan Hamdani. (2024). THE APPLICATION OF THE DISCOVERY LEARNING MODEL IN THE INDEPENDENT CURRICULUM TO STUDENTS’ CRITICAL THINKING SKILL. AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 11(1), 95–104. https://doi.org/10.24252/auladuna.v11i1a10.2024

Firliani, Ibad, N., Nauval, & Nurhikmayati, I. (2019). Teori Throndike dan Implikasinya dalam Pembelajaran Matematika. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP UNMA, 830–831.

Hasni, U., Simaremare, T. P., Taufika, R., Amanda, R. S., Indryani, I., & Yantoro, Y. (2024). Profil Pelajar Pancasila pada Anak Usia Dini sebagai Wujud Pendidikan Karakter. Jurnal Moral Kemasyarakatan, 9(1), 61–72. https://doi.org/10.21067/jmk.v9i1.10227

Izzuddin, A. (2021). E D I S I Upaya Mengembangkan Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini Melalui Media Pembelajaran Sains. Oktober, 3(3), 542–557. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/edisi

Juhrodin, U. (2022). Jean Piaget: Teori dan Implementasi. 1–55.

Kemendikbud. (2024). Kurikulum Pada Pendidikan Anak Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar, Dan Jenjang Pendidikan Menengah. Permendikbud Ristek Nomor 12 Tahun 2024, 1–26.

Khasinah, S. (2021). Discovery Learning: Definisi, Sintaksis, Keunggulan dan Kelemahan. Jurnal MUDARRISUNA: Media Kajian Pendidikan Agama Islam, 11(3), 402. https://doi.org/10.22373/jm.v11i3.5821

Liliani, L., & Gede Astawan, I. (2024). Implementasi Teori Kognitif dalam Mengembangkan Karakter Siswa SD Kelas I Berbasis Dimensi Bernalar Kritis. Journal of Comprehensive Science (JCS), 3(12), 5544–5551. https://doi.org/10.59188/jcs.v3i12.2928

Marisa, E., Masturoh, U., & Widiyaningrum, N. (2025). EKSPERIMEN SAINS BANJIR : MENUMBUHKAN LOGIKA DAN PEMAHAMAN SAINS ANAK KELOMPOK B DI TK. 5(1), 60–69. https://doi.org/10.32665/abata.v4il.4180

Mendikbud. (2023). Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia No. 47 Tahun 2023 Tentang Standar pengelolaan Pendidikan. Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi Republik Indonesia, 1–16. https://jdih.kemdikbud.go.id/sjdih/siperpu/dokumen/salinan/salinan_20230810_163641_2023pmkemdikbud47.pdf

Munawarah, S. (2021). Strategi Discovery Learning dalam Pembelajaran Anak Usia Dini. Kaisa: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 1(2), 106–116. https://doi.org/10.56633/kaisa.v1i2.268

Noorhafizah, Novitawati, & Amelia, R. (2017). Upaya Mengembangkan Aspek Kognitif (Menunjukkan Aktivitas Yang Bersifat Eksploratif Dan Menyelidik) Melalui Metode Eksperimen Sederhana Membuat Ice Cream Di Tk Maidnaturramlah Banjarmasin. Sagacious Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Sosial, 4(1), 1–6. www.rumahjurnal.net

Nurhadi. (2020). Teori kognitivisme serta aplikasinya dalam pembelajaran. 2, 77–95.

Paradita, A. W., & Nugraha, F. (2023). ABRACADABRA Games Guna Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis Anak. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 8(2), 155–168.

Qomaruddin, Q., & Sa’diyah, H. (2024). Kajian Teoritis tentang Teknik Analisis Data dalam Penelitian Kualitatif: Perspektif Spradley, Miles dan Huberman. Journal of Management, Accounting, and Administration, 1(2), 77–84. https://doi.org/10.52620/jomaa.v1i2.93

Usia, A., & Berbasis, D. (2025). Pembelajaran sains yang menyenangkan bagi anak usia dini berbasis eksperimen. XI(January), 38–51.

Downloads

Published

2025-09-24

How to Cite

Yazid, S. Y., Siti Inganah, & Nur Ifyati. (2025). EKSPERIMEN MENARA GELEMBUNG UNTUK MENINGKATKAN KARAKTER BERNALAR KRITIS ANAK PAUD. Abata : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 5(2), 98–108. https://doi.org/10.32665/abata.v5i2.4539

Issue

Section

Articles
Abstract View: 0, pdf Download: 0