Dampak Dalam Pemanfaatan Media Asesmen Berbasis Google Form di MI Muhammadiyah Nurul Iman Tulang Bawang Barat


DOI:
https://doi.org/10.32665/jurmia.v5i1.3247Keywords:
Asesmen, Google form, Pemanfaatan MediaAbstract
MI Muhammadiyah Nurul Iman Tulang Bawang Barat merupakan salah satu sekolah yang menggunakan Google Form sebagai sarana evaluasi ujian. Hal ini dikarenakan dalam mengakses Google Form yang relatif lebih sederhana dan efisien. Guru tidak mengalami kesulitan dalam bertanya dan dapat langsung melihat hasil dari asesment yang dilakukan sehingga memudahkan guru dalam menyelesaikan penilaian. Google Form adalah alat yang berguna untuk merencanakan acara, mengirimkan survei, mengikuti kuis, atau sekadar mengumpulkan informasi secara efektif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas penggunaan Google Form sebagai sarana asesmen ujian berbasis evaluasi digital di MI Muhammadiyah nurul iman tulang bawang barat. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, hal ini menunjukkan bahwa penggunaan Google Form sebagai sarana asesmen ujian dalam evaluasi digital ini memudahkan guru dalam membuat soal dan memudahkan siswa dalam menjawab soal. Penggunaan Google Form dinilai sangat praktis dan efektif jika digunakan dalam media asesmen pembelajaran.
References
Adelia, A., Miftahurrahmah, M., Nurpathonah, N., Zaindanu, Y., & Ihsan, M. T. (2021). The Role of Google Form as An Assessment Tool in Elt: Critical Review of The Literature. ETDC: Indonesian Journal of Research and Educational Review, 1(1), 58–66.
Agustin, A., Suryono, H., & Yuliandari, E. (2017). Teknik Penilaian Diri Berbasis Google Form Pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan. PKn Progresif, 12(1), 482–491.
Ahmadi, M. R., Ismail, H. N., & Abdullah, M. K. K. (2013). The Importance of Metacognitive Reading Strategy Awareness in Reading Comprehension. English Language Teaching, 6(10), 235–244.
Arifin, Z. (2016). Evaluasi pembelajaran. In Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Remaja Rosdakarya.
Aryanti, N. N. S. (2021). Artikel Efektifitas Google Form Sebagai Media Evaluasi Di Masa Pandemi. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(3), 329–342.
Astini, N. K. S. (2020). Pemanfaatan teknologi informasi dalam pembelajaran tingkat sekolah dasar pada masa pandemi Covid-19. Jurnal Lampuhyang, 11(2), 13-25.
Bensulong, A., Afifah, F. N., & Solikhah, I. Z. (2021). Penggunaan Whatsapp dan Google Form dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Di SMK N 2 Sewon Bantul. Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 10(1), 85–90.
Dewi, N. L. P. S., & Manuaba, I. B. S. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Powerpoint Interaktif Pada Mata Pelajaran IPA Siswa Kelas VI SD. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 5(1), 76–83.
Hidayat, H., Mulyani, H., Nurhasanah, S. D., Khairunnisa, W., & Sholihah, Z. (2020). Peranan Teknologi Dan Media Pembelajaran Bagi Siswa Sekolah Dasar Di Dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Undiksha, 8(2), 57–65.
Jahroh, N. N. (2018). Pengembangan Tes Tertulis Pendidikan Agama Islam Berbasis Online Mengunakan Google Form Pada Materi Kewajiban Menuntut Ilmu Dan Haji Kelas X SMA Swadhipa Natar. Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.
Kato, T., Kambayashi, Y., & Kodama, Y. (2016). Practice For Self-Regulatory Learning Using Google Forms: Report and Perspectives. Information Engineering Express, 2(4), 11–20.
Mardiana, T., & Purnanto, A. W. (2017). Google Form Sebagai Alternatif Pembuatan Latihan Soal Evaluasi. The 6th University Research Colloquium 2017 Universitas Muhammadiyah Magelang, 183–188.
Pratama, Y., Boeriswati, E., & Murtado, F. (2019). Penggunaan Google Classroom sebagai Media Pembelajaran Essay Writing di Universitas Darma Persada. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Universitas Subang (SENDINUSA), 1(1), 174–179.
Rahmiyati, S. (2019). Pemanfaatan Aplikasi Google Form dalam Meningkatkan Pelaksanaan Supervisi Pendidikan Pengawas Madrasah. Jurnal Pendidikan Madrasah, 4(2), 201–209.
Rusli, M. (2017). Multimedia Pembelajaran yang Inovatif: Prinsip Dasar dan Model Pengembangan. Yogyakarta : Andi.
Rukuyat, A. (2018). Teknik Evaluasi Pembelajaran. In Deepublish. Deepublish.
Samsiadi, S., & Humaidi, M. N. (2022). Efektivitas Google Form Sebagai Media Penilaian Dan Evaluasi Pembelajaran Pai Di Smk Negeri 1 Berau Kaltim. Research and Development Journal of Education, 8(2), 666–673.
Sari, N., & Ahsani, E. L. F. (2021). Pelaksanaan Evaluasi Pembelajaran Berbasis Google Form Selama Masa Pandemi Pada Peserta Didik SD/MI. TERAMPIL: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 7(2), 107–118.
Sesana, I. P. (2020). Efektifitas Penggunaan Aplikasi Google Form Dalam Pelaksanaan PAT Berbasis Online Di SMKN 1 Tembuku: Effectiveness Of The Use Of Google Form Applications In The Implementation Of PAT Based Online At SMKN 1 Tembuku. Widyadewata, 3, 1–11.
Stenhouse, G., Fyfe, N., King, G., Chapman, A., & Kerr, K. M. (2004). Thyroid Transcription Factor 1 In Pulmonary Adenocarcinoma. Journal of Clinical Pathology, 57(4), 383–387.
Suttrisno., N. M. Y. (2022). Teacher Competency Development in Designing Learning in the Independent Curriculum. AL-MUDARRIS: Journal of Education, 5(1), 30–44. https://doi.org/10.32478/al-mudarris.v
Ulfa, S. W. (2016). Pembelajaran Berbasis Praktikum: Upaya Mengembangkan Sikap Ilmiah Siswa pada Pembelajaran Biologi. Nizhamiyah, 6(1), 65–75.
Utami, L. W. S. (2021). Penggunaan Google Form Dalam Evaluasi Hasil Belajar Peserta Didik Di Masa Pandemi Covid-19. TEACHING: Jurnal Inovasi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 1(3), 150–156.
Widhianto, A. (2021). Analisis Penggunaan Media “Google Form” terhadap Efektivitas Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19 Kelas III SDN 3 Gondang. STKIP PGRI Pacitan.
Yusron, R. M., Wijayanti, R., & Novitasari, A. T. (2020). Pelatihan Pembuatan Google Form Bagi Guru SD Sebagai Media Evaluasi Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) Masa Pandemi. Jurnal Publikasi Pendidikan, 10(3), 182–188.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Lovandri Dwanda Putra, Aulia Brilian Nashuha, Dava Alvava Fenova, Ellisa Dyah Pramesti

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

