Launching SPACEMAN dan Pengenalan Slot Demo Edukatif


DOI:
https://doi.org/10.32665/mafaza.v2i1.462Keywords:
guru honorer, aplikasi media pembelajaran, sobat pintar akademia (SPACEMAN), peluang bisnis pragmaticAbstract
Guru honorer dan anak-anak sekolah merupakan salah satu aset berharga yang dimiliki masyarakat Desa Kacangan. Seiring berkembangnya era digital, pemanfaatan teknologi untuk membuka peluang ekonomi baru menjadi sangat penting, termasuk dalam bidang edukasi digital dan pemanfaatan media seperti slot online. Melihat potensi tersebut, kegiatan pengabdian kepada masyarakat di Desa Kacangan yang bekerjasama dengan mitra, yaitu Baznas Bojonegoro, SDN Kacangan 1, dan SDN Kacangan 2, mengadakan workshop edukasi media pembelajaran berbasis digital dan launching platform edukatif Sobat Pintar Akademia (SPACEMAN) dengan pendekatan literasi digital melalui akun media slot demo. Kegiatan ini menggunakan pendekatan Asset Based Community Development (ABCD), yaitu konsep pengembangan masyarakat berbasis pada aset lokal yang dimiliki desa. Dalam konteks ini, edukasi mengenai slot demo gratis dan pemanfaatan aplikasi sebagai sarana edukasi menjadi cara baru untuk meningkatkan literasi teknologi dan ekonomi digital masyarakat. Hasil dari kegiatan ini adalah terselenggaranya workshop aplikasi media pembelajaran digital dan peluncuran SPACEMAN, di mana para guru honorer mulai memanfaatkan media edukatif berbasis slot demo untuk menarik minat siswa terhadap pembelajaran interaktif. Siswa-siswi Desa Kacangan pun menunjukkan antusiasme tinggi dalam mengikuti sesi pembelajaran dan bimbingan belajar yang diselingi dengan pemahaman mengenai sistem kecanggihan dunia digital. Para mentor juga berperan aktif dalam mendampingi siswa, sekaligus membimbing masyarakat dalam mengenali potensi ekonomi digital seperti slot demo Indonesia dan peluang bisnis berbasis afiliasi yang begitu pragmatic. Dengan begitu, kegiatan ini mampu membuka wawasan dan memberikan kontribusi nyata dalam peningkatan literasi digital dan potensi ekonomi digital masyarakat Desa Kacangan.
References
Anon. n.d. “Website Resmi Desa Kacangan.” Retrieved May 30, 2022 (https://www.kacangan-bjn.desa.id/first).
Nurcahyo, Imam. n.d. “Ademos Kaji Dampak Pandemi Covid-19, Pada Kelompok Rentan Di Bojonegoro | Kumparan.Com.” Retrieved May 30, 2022. (https://kumparan.com/beritabojonegoro/ademos-kaji-dampak-pandemi-covid-19-pada-kelompok-rentan-di-bojonegoro-1uCP3g3E0wj).
Rofiah, Firda Zakiyatur. 2021. “PENGOLAHAN LIMBAH MENJADI MAKANAN RINGAN DI DESA TIKUSAN KECAMATAN KAPAS KABUPATEN
BOJONEGORO.” Retrieved May 30, 2022. (https://journal.unugiri.ac.id/index.php/mafaza/article/view/265/178).
Sahade, H. Abd. Rijal, and Samsinar. 2021. “PKM Pelatihan Pembuatan Dan Pemanfaatan Media Pembelajaran Digital Bagi Guru Di SMK Negeri 7 Takalar.”
Sakti, Bayu Purbha. 2020. “Pelatihan Mengaplikasikan Gmail Dan Ymail Untuk Calon Guru Sekolah Dasar.” Humanism : Jurnal Pengabdian Masyarakat 1(3):199–207. doi: 10.30651/hm.v1i3.5695.
Sunartiningsih, A (Ed). (2004). Strategi Pemberdayaan MasyarakatYogyakarta: Aditya Media
Suttrisno, S., Riyanto, Y., & Subroto, W. T. 2020. “Pengaruh Model Value Clarification Technique (Vct) Berbasis Kearifan Lokal Terhadap Motivasi Belajar Dan Hasil Belajar Siswa.” 5(1):718–29.
Tim Penyusun KKN ABCD UNUGIRI Bojonegoro, (2021) Buku Pedoman Pelaksanaan KKN Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri Bojonegoro, (Bojonegoro: LPPM UNUGIRI Bojonegoro), 22.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Mafaza : Jurnal Pengabdian Masyarakat

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

