PEMBERDAYAAN GURU HONORERMELALUI LAUNCHING SOBAT PINTAR AKADEMIA(SOPIA)DANAPLIKASI MEDIA PEMBELAJARANSEBAGAI UPAYA PENINGKATAN EKONOMI DI MASA PANDEMI COVID-19

Abstract View: 47127, PDF Download: 12

Authors

  • Suttrisno Suttrisno Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri https://orcid.org/0000-0002-4013-1609
  • Eko Arief Cahyono Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri
  • Yogi Prana Izza Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri

DOI:

https://doi.org/10.32665/mafaza.v2i1.462

Keywords:

guru honorer, aplikasi media pembelajaran

Abstract

Guru honorer dan anak-anak sekolah merupakan salah satu aset yang dimilikimasyarakat Desa Kacangan. Adanyawabah Covid-19 yang telah merubah dan menghambat semua aktivitas yang ada di Desa Kacangan, termasuk memengaruhi perekonomian masyarakat termasukbidang pendidikan. Olehkarena itu pada kegiatan pengabdian kepada masyarakatdi Desa Kacanganyang bekerjasama dengan mitra dalam hal ini BaznasBojonegoro, SDN Kacangan 1 dan SDN Kacangan 2, mengadakan workshop aplikasi media pembelajaran dan launching sobat pintar akademia (SOPIA).Dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat inimenggunakan metode Asset Based Community Development(ABCD) yang merupakan suatu konsep pengembangan masyarakat yang didasarkan pada aset lokal untuk mengatasi permasalahan diwilayahtersebut. Hasil dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah workshop aplikasi media pembelajaran dan launching Sobat Pintar Akademia (SOPIA) yaitu semua tenaga pendidik di Kacangan memanfaatkan media pembelajaran ini dan siswa-siswi di Kacangan menerima ilmu pengetahuan dengan baik serta Siswa-siswa sangat sangat antusias saat mengikuti bimbingan belajar, begitu juga dengan mentor yang akan memberikan bimbingan pada siswasehingga dapat meningkatkan ekonomi masyarakat Desa Kacangan di masa pandemi Covid 19.Kata Kunci: guru honorer, sobat pintar akademia (SOPIA), aplikasi media pembelajaran, pandemi covid 19

References

Anon. n.d. “Website Resmi Desa Kacangan.” Retrieved May 30, 2022 (https://www.kacangan-bjn.desa.id/first).

Nurcahyo, Imam. n.d. “Ademos Kaji Dampak Pandemi Covid-19, Pada Kelompok Rentan Di Bojonegoro | Kumparan.Com.” Retrieved May 30, 2022. (https://kumparan.com/beritabojonegoro/ademos-kaji-dampak-pandemi-covid-19-pada-kelompok-rentan-di-bojonegoro-1uCP3g3E0wj).

Rofiah, Firda Zakiyatur. 2021. “PENGOLAHAN LIMBAH MENJADI MAKANAN RINGAN DI DESA TIKUSAN KECAMATAN KAPAS KABUPATEN

BOJONEGORO.” Retrieved May 30, 2022. (https://journal.unugiri.ac.id/index.php/mafaza/article/view/265/178).

Sahade, H. Abd. Rijal, and Samsinar. 2021. “PKM Pelatihan Pembuatan Dan Pemanfaatan Media Pembelajaran Digital Bagi Guru Di SMK Negeri 7 Takalar.”

Sakti, Bayu Purbha. 2020. “Pelatihan Mengaplikasikan Gmail Dan Ymail Untuk Calon Guru Sekolah Dasar.” Humanism : Jurnal Pengabdian Masyarakat 1(3):199–207. doi: 10.30651/hm.v1i3.5695.

Sunartiningsih, A (Ed). (2004). Strategi Pemberdayaan MasyarakatYogyakarta: Aditya Media

Suttrisno, S., Riyanto, Y., & Subroto, W. T. 2020. “Pengaruh Model Value Clarification Technique (Vct) Berbasis Kearifan Lokal Terhadap Motivasi Belajar Dan Hasil Belajar Siswa.” 5(1):718–29.

Tim Penyusun KKN ABCD UNUGIRI Bojonegoro, (2021) Buku Pedoman Pelaksanaan KKN Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri Bojonegoro, (Bojonegoro: LPPM UNUGIRI Bojonegoro), 22.

Downloads

Published

2022-06-06

How to Cite

Suttrisno, S., Cahyono, E. A., & Izza, Y. P. (2022). PEMBERDAYAAN GURU HONORERMELALUI LAUNCHING SOBAT PINTAR AKADEMIA(SOPIA)DANAPLIKASI MEDIA PEMBELAJARANSEBAGAI UPAYA PENINGKATAN EKONOMI DI MASA PANDEMI COVID-19. Mafaza : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 136–146. https://doi.org/10.32665/mafaza.v2i1.462
Abstract View: 47127, PDF Download: 12