MOTIVASI BAGI PENYANDANG DISABILITAS UNTUK BERPRESTASI DALAM BIDANG OLAHRAGA DI KOTA SALATIGA

Motivation For Persons With Disabilities To Achieve In Sports In Salatiga City

Abstract View: 239, PDF Download: 112

Authors

  • Wahyu Nur Aini Universitas Ngudi Waluyo
  • Ika Nilawati Universitas Ngudi Waluyo
  • Nur Amin Universitas Ngudi Waluyo
  • Fredy Eko Setiawan Universitas Ngudi Waluyo
  • Mochamad Sodik Dispora Kota Salatiga
  • Burnadus Ingge Wibowo NPCI Kota Salatiga

DOI:

https://doi.org/10.32665/padimas.v2i1.1793

Keywords:

Disabilitas, Motivasi, Prestasi Olahraga

Abstract

Penyandang disabilitas adalah setiap orang yang mengalami keterbatasan fisik,intelektual,mental dan sensorik dalam jangka waktu lama yang dalam berinteraksi dengan lingkungan mengalami hambatan dan kesulitan untuk berpartisipasi secara penuh dan efektif dengan warga negara lainnya berdasarkan kesamaan hak. Di Kota Salatiga, komunitas penyandang disabilitas yang bernama Komunitas Disabilitas Harapan Mandiri (KDHMS) yang beranggotakan 145 orang dari berbagai jenis penyandang disabilitas. National Paralympic Committee Indonesia Kota Salatiga saat ini menjadi tempat bernaung atlet penyandang disabilitas dari berbagai cabang olahraga dan memiliki fungsi antara lain menggalang dan menjalin persatuan dan kesatuan antar insan olahraga penyandang disabilitas di Indonesia dan Internasional, meningkatkan prestasi olahraga difabel di Indonesia, memberi perlindungan kepada anggota dan atlet penyandang disabilitas, dan terakhir, pembinaan kesejahteraan, keadilan dan atau kehormatan olahraga difabel. Berdasarkan analisis situasi di Komunitas Difabel Harapan Mandiri Kota Salatiga (KDHMS) yang telah dilakukan dapat diketahui beberapa permasalahan yaitu: Penyandang disabilitas kurang mengetahui tentang prestasi olahraga penyandang disabilitas, Penyandang disabilitas masih banyak yang masih menutup diri, Penyandang disabilitas kurang memiliki motivasi untuk meraih prestasi di bidang olahraga disabilitas. Metode yang digunakan dalam pengabdian kepada masyarakat ini yaitu pemberian motivasi kepada penyandang disabilitas untuk berprestasi dibidang olahraga disabilitas penyandang disabilitas di Kota Salatiga dan sosialisasi cabang-cabang olahraga disabilitas. Dalam Program Pengabdian Kepada Masyarakat memiliki kesimpulan yaitu setelah terlaksananya PKM, calon atlet penyandang disabilitas memiliki Motivasi dan semangat untuk berprestasi dibidang olahraga.

    Kata kunci: disabilitas, motivasi, prestasi olahraga

References

Dwi Gansar Santi Wijayanti, S. N. (2016). PEMBINAAN OLAHRAGA UNTUK PENYANDANG DISABILITAS. Journal of Physical Education and Sport.

fauziah, D. f. (2018). Skripsi Perlindungan Hukum Anak Disabiitas Di Tangerang Selatan. Jakarta: Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.

NPCI. (n.d.). Anggaran dasar dan rumah tangga NPCI. In NPCI.

pratiwi, D. k. (Maret 2019). Jurnal Abdimas dan Lestar. Pengenalan Hak-Hak Konstitusional Warga Negara di Sekolah.

Setyowati, H. A. (2018). Implementasi Perda Kota Surakarta NO.2 Tahun 2008 Tentang Kesetaraan Difabel Dalam Rangka Pemenuhan Hak-Hak Difabel Di Bidang Fasilitas Publik. PPKN FKIP UNS.

UU No 8 Tentang Penyandang Disabilitas. (n.d.).

Downloads

Published

2023-06-30
Abstract View: 239, PDF Download: 112