Sosialisasi Senam ACIK (Anak Ceria dan Kreatif) di TK Negeri Pembina 4 Palembang
Abstract View: 134, PDF Download: 60DOI:
https://doi.org/10.32665/padimas.v2i2.2417Keywords:
Senam ACIK, Kebugaran, Anak TKAbstract
Senam ACIK (anak ceria dan kreatif) merupakan gerakan senam yang disesuaikan dengan perkembangan motorik anak TK dengan menggabungkan 5 tema yang digabung menjadi rangkaian gerakan senam dengan lirik dan musik yang sesuai dengan karakteristik anak TK. Senam ACIK adalah kumpulan gerakan senam irama yang disusun berdasarkan tahapan gerak dan dirancang untuk meningkatkan atau mempertahankan kebugaran fisik. Gerakan bertujuan untuk meningkatkan kesehatan dan kebugaran jasmani, sesuai dengan standar Senam Kebugaran Jasmani (SKJ). Musik yang digunakan dengan 5 tema yaitu tema diriku, transportasi, profesi, hewan dan alam sekitar. Pelaksanaan kegiatan pada tanggal 17-18 Oktober 2023. Sebagai hasil dari pelaksanaan dan hasil sosialisasi senam, ACIK ingin menambah referensi dan alternatif aktivitas gerak melalui senam irama dengan tujuan untuk meningkatkan kebugaran dan keterampilan gerak dasar anak TK
References
Kadir, A. (2010). Misteri otak kiri manusia. Diva Press.
Katie Overy, I. M.-S. (2006). Being Together In Time:Musical Experience And The Mirror Neuron System. University of California Press, 26(5), 489–504. https://doi.org/10.1525/MP.2009.26.5.489
Mahendra, A. (2010). Permainan Anak dan Aktivitas Ritmik. Erlangga.
Rismayanth, C. (2013). Mengembangkan Keterampilan Gerak Dasar Sebagai Stimulasi Motorik Bagi Anak Taman Kanak-Kanak Melalui Aktivitas Jasmani. Jurusan Pendidikan OlahragaFakultas Ilmu KeolahragaanUniversitas Negeri Yogyakarta, 6(1), 64–68.
Sawczyn, S. et al. (2016). The Effect of Secific Strength Training on The Quality of Gymnastic Elements Execution in Young Gymnasts. 8(4), 79.
Taylor, R. W., Williams, S. M., Farmer, V. L., & Taylor, B. J. (2013). Changes in physical activity over time in young children: A longitudinal study using accelerometers. PLoS ONE, 8(11), 1–7. https://doi.org/10.1371/journal.pone.0081567