Coaching Clinic : Pelatih Futsal Bagi Calon Sarjana Olahraga di Kabupaten Bojonegoro

Abstract View: 0, PDF Download: 0

Authors

  • Mohamad Dai Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri
  • Rohmad Apriyanto Iniversitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri
  • Vesti Dwi Cahyaningrum Iniversitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri
  • Hilmy Aliriad Iniversitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri
  • Adi S Universitas Negeri Semarang

Keywords:

Coaching Clinic, Pelatih Futsal

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan pengalaman bagi calon sarjana olahraga di Kabupaten Bojonegoro dalam melatih futsal melalui kegiatan coaching clinic. Pelatihan ini diharapkan dapat menciptakan pelatih-pelatih futsal yang kompeten dan siap untuk berkontribusi dalam perkembangan futsal di Kabupaten Bojonegoro. Penelitian ini menggunakan metode pelatihan yang melibatkan sesi teori untuk memberikan pengetahuan dasar tentang futsal, praktek di lapangan untuk mengasah keterampilan teknik dan taktik, serta diskusi interaktif untuk mendalami strategi dan teknik futsal. Pelatih profesional di bidang futsal diundang untuk memberikan materi dan bimbingan kepada para peserta. Sasaran dalam coaching clinic ini adalah mahasiswa yang sedang menempuh perkuliahan di bidang olahraga dan berdomisili di Kabupaten Bojonegoro yang berjumlah 30 orang. Hasil dari kegiatan ini menunjukkan peningkatan signifikan dalam pemahaman dan keterampilan mahasiswa dalam melatih futsal, baik dari segi teknik maupun strategi. Selain itu, terbentuk jaringan dan komunitas pelatih futsal yang solid di Kabupaten Bojonegoro, yang diharapkan dapat berkontribusi pada perkembangan dan prestasi futsal di daerah tersebut. Kegiatan ini juga membuka peluang bagi mahasiswa untuk mengembangkan karir mereka sebagai pelatih futsal profesional di masa depan. Kesimpulannya, coaching clinic ini memberikan manfaat besar dalam membangun kapasitas dan kualitas pelatih futsal di Kabupaten Bojonegoro

 

References

S. Supiati, A. Awaluddin, dan F. Ferawati, “Minat Siswa Pada Ekstrakurikuler Olahraga Futsal,” J. Olahraga Dan Kesehat. Indones., vol. 2, no. 1, hal. 34–39, 2021.

M. Da’i, R. Apriyanto, H. Aliriad, U. Nahdlatul Ulama Sunan Giri, dan U. Negeri Semarang, “Pengaruh Peran Orang Tua Dan Pelatih Terhadap Pembentukan Karakter Atlet Usia 15 Tahun,” Nusant. Res. J. Hasil-hasil Penelit. Univ. Nusant. PGRI Kediri, vol. 10, no. 2, hal. 182–191, 2023, [Daring]. Tersedia pada: http://ojs.unpkediri.ac.id/index.php/efektor

Y. E. Nopiyanto dan S. Raibowo, “Pelatihan Olahraga Futsal sebagai Sarana Mengurangi Aktivitas Game Online pada Anak-Anak di Kelurahan Mangunharjo,” JURPIKAT (Jurnal Pengabdi. Kpd. Masyarakat), vol. 1, no. 2, hal. 114–124, 2020.

A. B. Putro dan A. Widodo, “Analisis Tingkat Pemahaman Peraturan Permainan Futsal Para Pelatih Futsal Di Kabupaten Ponorogo,” J. Kesehat. Olahraga, vol. 8, no. 3, hal. 139–146, 2020.

A. Sugiarto, “Sinergitas Pelatih dengan Atlet Dalam Upaya Meraih Prestasi Puncak,” CENDIKIA, vol. 4, no. 2, hal. 127–142, 2020.

I. Hermawan, U. Maslikah, M. Masyhur, dan G. Jariono, “Pelatihan Kondisi Fisik Pelatih Cabang Olahraga Kota Depok Jawa Barat Dalam Menghadapi Persiapan PORPROV 2022,” in Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat, 2020, hal. SNPPM2020P-371.

M. Djauhari, R. Abi Kumara, A. Putri, A. Yusuf, M. Adi, dan R. Ayu, “Pendekatan Partisipatif Dalam Memberdayakan Pemasaran Online UMKM di Kampung Krupuk Sukolilo Surabaya,” Prapanca J. Abdimas, vol. 1, no. 1, hal. 28–36, 2021.

S. H. Waskito, “Evaluasi Kondisi Fisik Pemain futsal SMAN 1 Sidoarjo,” J. Prestasi Olahraga, vol. 4, no. 9, hal. 144–150, 2021.

A. Limbong, A. F. Ridlo, dan T. Iskandar, “Peningkatan Kualitas Bermain Dalam Cabang Olahraga Futsal,” An-Nizam, vol. 1, no. 2, hal. 103–110, 2022.

R. A. Prabowo, “Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Prestasi Atlet Futsal Utp Surakarta,” J. Kreat. Olahraga, vol. 1, no. 1, hal. 28–36, 2023.

I. L. Lorenza dan A. A. Sihabudin, “Implementasi Kebijakan Pemerintah Daerah Dalam Pembinaan Prestasi Olahraga Oleh Komite Olahraga Nasional Indonesia di Kabupaten Ciamis,” Moderat J. Ilm. Ilmu Pemerintah., vol. 8, no. 4, hal. 856–867, 2022.

Downloads

Published

2024-06-30
Abstract View: 0, PDF Download: 0