PENTINGNYA MOTIVASI BELAJAR UNTUK MENINGKATKAN HASIL PEMBELAJARAN PADA ANAK SD KELAS 5 DI SD PESEN
THE IMPORTANCE OF LEARNING MOTIVATION TO IMPROVE RESULTS LEARNING FOR 5TH CLASS PRIMARY CHILDREN AT PESEN SDN


DOI:
https://doi.org/10.32665/padimas.v4i01.3526Keywords:
Motivasi, Pembelajaran, peningkatanAbstract
Kegiatan pembelajaran merupakan kegiatan yang melibatkan guru dan siswa. Keberhasilan proses belajar mengajar di pengeruhi oleh motivasi siswa. Ketika motivasi belajar hadir antusiasme di rangasang dan siswa belajar untuk berkonstrasi. Motivasi siswa lebih baik dari pada motivasi ekstrinsik juga menentukan minat belajar seorang siswa. Sekalipun seorang siswa memiliki keinginan untuk belajar namun jika factor eksternal tidak mendukung belajar siswa akan kehihangan semangatnya. Motivasi adalah energi perubahan pada orang dan dicirikan oleh pendengaran yang efektif dan antipasti resprons sasaran. Motifasi belajar merupakan penggerak dalam diri siswa yang menimbulkan kegiatan belajar yang menjamin kelangsungan kegiatan belajar siswa sangat termotivasi untuk belajar terlibat dalam kegiatan untuk memperoleh pengetahuan. Motivasi merangsang minat siswa untuk belajat. Motivasi di tandai dengan ketekunan dalam menghadpi kesulitan,kerja keras, dan ketahanan terhadap kebosanan. Motivasi belajar sangat besar pengaruhnya terhadap keberhasilan proses pembelajaran. Siswa mencapai nilai bagus Ketika motivasi berada di dalam diri mereka oleh karena itu motivasi sangatlah pent
References
I. D. Palittin, W. Wolo, and R. Purwanty, “Hubungan motivasi belajar dengan hasil belajar siswa,” Magistra J. Kegur. dan Ilmu Pendidik., vol. 6, no. 2, pp. 101–109, 2019.
A. Arianti, “Peranan guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa,” Didakt. J. Kependidikan, vol. 12, no. 2, pp. 117–134, 2019.
A. Emda, “Kedudukan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran,” Lantanida J., vol. 5, no. 2, pp. 172–182, 2018.
R. Andriani and R. Rasto, “Motivasi belajar sebagai determinan hasil belajar siswa,” J. Pendidik. Manaj. perkantoran, vol. 4, no. 1, pp. 80–86, 2019.
M. Huda, “Kompetensi kepribadian guru dan motivasi belajar siswa,” J. Penelit., vol. 11, no. 2, pp. 237–266, 2017.
J. Jainiyah, F. Fahrudin, I. Ismiasih, and M. Ulfah, “Peranan Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa,” J. Multidisiplin Indones., vol. 2, no. 6, pp. 1304–1309, 2023, doi: 10.58344/jmi.v2i6.284.
C. Natalita, “Pengaruh Latar Belakang Keluarga , Kepribadian , dan Efikasi Diri Terhadap Intensi Berwirausaha Mahasiswa,” vol. I, no. 4, pp. 778–787, 2019.
Subhi, “Perhatian Orang Tua dan Motivasi Belajar Siswa,” J. Madaniyah, vol. 2, no. 11, pp. 242–259, 2016.
E. Warti, “Pengaruh Motivasi Belajar Siswa terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa di SD Angkasa 10 Halim Perdana Kusuma Jakarta Timur,” Mosharafa J. Pendidik. Mat., vol. 5, no. 2, pp. 177–185, 2016, doi: 10.31980/mosharafa.v5i2.394.
E. I. Muawanah and A. Muhid, “Strategi Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Selama Pandemi Covid–19: Literature Review,” J. Ilm. Bimbing. Konseling Undiksha, vol. 12, no. 1, 2021.
Downloads
Published
Issue
Section

