Simple Bouquet Homemade sebagai Alternatif Bisnis Kreatif

Abstract View: 661, PDF Download: 768

Authors

  • M. Danis Mahbub F Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri
  • Renaldi Calvinda P Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri
  • Faizatuz Zuhriyah Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri

DOI:

https://doi.org/10.32665/padimas.v1i1.479

Keywords:

Bouquet Homemade

Abstract

Buket merupakan salah satu hadiah yang tren dikalangan mahasiswa ketika momen wisuda. Melihat potensi tersebut, kami memilih untuk kerajinan tangan di bidang kreatif ini sebagai sasaran bisnis yang layak dijalankan. Apalagi variasi harga maupun ide buket bisa bermacam-macam karena buket dapat dirangkai dengan berbagai alternatif bahan seperti bunga asli, bunga buatan bahkan bahan makan. Tahapan produksi buket dimulai dengan segmentasi, targeting, positioning, pricing, dan promotion. Segmentasi dan targeting ditujukan untuk analisis waktu produksi dan pengelompokan sasaran pembeli. Positioning dan pricing difokuskan pada pembuatan buket sesuai dengan budget pemesan bucket sehingga produk buket layak untuk dipasarkan. Dan terakhir promotion atau upaya pemasaran yang dilakukan melalui media sosial seperti Instagram, Facebook, Shopee.

 A bouquet is one of the trendy gifts among students at graduation. Seeing this potential, we chose to make handicrafts in this creative field as a viable business target. Moreover, variations in prices and bouquet ideas can vary because bouquets can be assembled with various alternative materials such as real flowers, artificial flowers and even food ingredients. The stages of bouquet production begin with segmentation, targeting, positioning, pricing, and promotion.. Segmentation and targeting is aimed at estimating the time of making bouquets and grouping target buyers. The Positioning dan pricing is carried out by making a bouquet as the buyers want so that the bouquet product is worthy of being marketed. And finally promotion or the marketing efforts made through social media such as Instagram, Facebook, Shopee.

References

Fadiati, A., Purwana, D., & Maulida, E. (2008). Wirausaha: Jalur Cepat Menuju Sukses. Jakarta: UNJ Press.

Fadiati, A., & Purwana, D. (2011). Menjadi Wirausaha Sukses. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Hidayat, N., & Purwana, D. (2017). Perpajakan : Teori & Praktik. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Madura, Jeff (2007). Introduction To Business. Jakarta: Penerbit Salemba Empat.

Purwana, D., & Hidayat, N. (2016). Studi Kelayakan Bisnis. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada

Purwana, Dedi & Wibowo, Agus. (2017). Pendidikan Kewirausahaan di Perguruan Tinggi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Purwana, D., & Wibowo, A. (2017). Lincah Menulis Artikel Ilmiah Populer & Jurnal (Teori & Praktik). Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.

Purwana, D., Hasan, M., & Parlyna, R. (2017). Pengantar Ilmu Organisasi. Bogor: In Media.

Downloads

Published

2022-06-07
Abstract View: 661, PDF Download: 768