Analisis Dampak Pembelajaran Daring terhadap Motivasi Belajar Siswa Madrasah Ibtidaiyah

Authors

DOI:

https://doi.org/10.32665/jurmia.v1i1.190

Keywords:

Motivasi Belajar, Pembelajaran Daring

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui analisis dampak selama pembelajaran daring terhadap penurunan motivasi belajar siswa dibandingkan dengan saat pembelajaran tatap muka siswa kelas IV di sekolah MI Muhammadiyah 5 Surabaya. Metode penelitian yang dipakai dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif diskriptif dengan menggunakan teknik pengumpulan data yaitu teknik wawancara. Penulis menggunakan teknik wawancara dengan mengumpulkan informasi dari 5 orang wali murid dan 5 siswa dari kelas yang diampunya. Berdasarkan dari wawancara bersama 5 wali murid dan 5 siswa tersebut, ditemukan bahwa siswa-siswa tersebut mengalami penurunan motivasi belajarnya selama pembelajaran daring dibandingkan dengan motivasi belajar saat tatap muka. Penyebab dari penurunan motivasi belajar siswa tersebut  adalah siswa banyak mendapat bantuan menyeluruh dan langsung dari orang tua, saudara atau tetangga yang mendampingi siswa saat melakukan pembelajaran daring. Namun begitu, juga ditemukan bahwa dampak pendampingan daring seperti itu akan berakibat negatif terhadap perkembangan siswa kedepannya. Dampak negatif terhadap perkembangan siswa yaitu siswa lebih tidak peduli atau terkesan meremehkan terhadap setiap tugasnya. Selain itu, siswa juga akan lebih banyak menggantungkan diri terhadap bantuan orang lain sehingga menjadikan dirinya pribadi yang kurang mandiri. Pada akhirnya kondisi siswa yang kurang mandiri tersebut juga akan sering membuat wali murid kesulitan saat mengarahkan siswa untuk menyelesaikan setiap tugas dan tanggungjawab di sekolahnya.

References

Anonimous. (2020). Fakta Covid 19. https://nasional.kompas.com/read/2020/03/03/06314981/fakta- lengkapkasus-pertama-virus-corona-di-indonesia?page=all.

Astini, N. K. S. (2020). Pemanfaatan teknologi informasi dalam pembelajaran tingkat sekolah dasar pada masa pandemi Covid-19. Jurnal Lampuhyang, 11(2), 13-25.

Bastian, I., Winardi, R. D., & Fatmawati, D. (2018). Metoda Wawancara. Yogyakarta: Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Gadjah Mada.

Cahyati, N., & Kusumah, R. (2020). Peran orang tua dalam menerapkan pembelajaran di rumah saat pandemi Covid 19. Jurnal Golden Age, 4(1), 152-159.

Davidson, H. (2020). Covid-19 case happened in November, China government records show – report. Maret 2020. The Guardian. ISSN 0261-3077.

Fuad Ikhsan. (2015). Dasar-Dasar Kependidikan. Jakarta: Rieneka Cipta.

Gunawan, H. (2017). Dasar-Dasar Metodologi Penelitian Pendidikan. Bandung: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Gunung Djati.

Haryadi, Rudi & Idah Rosina. (2020). Pengaruh Sistem Pembelajaran Daring Terhadap Motivasi dan Kualitas Belajar Siswa. Jurnal Ilmiah Bimbingan Konseling : UNDIKSHA. Vol 11, No 2 (2020). DOI: http://dx.doi.org/10.23887/jjbk.v11i2.30488.

Ihsanuddin. (2020). Fakta lengkap kasus pertama virus Corona di Indonesia. Kompas.

Jamaluddin, D., Ratnasih, T., Gunawan, H., & Paujiah, E. (2020). Pembelajaran daring masa pandemik Covid-19 pada calon guru: hambatan, solusi dan proyeksi. LP2M.

Kurniawan, A. (Agustus 2020). Pengertian wawancara. Guru Pendidikan. Diterima dari https://www.gurupendidikan.co.id/pengertian-wawancara.

Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldana, J. (2013). Qualitative data analysis. Thousand Oaks: SAGE Publications.

Rowley, J. (2012). Conducting research Interviews. Management research review. Sugiyono. (2008). Metode penelitian kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Suttrisno, S., Riyanto, Y., & Subroto, W. T. (2020). Pengaruh Model Value Clarification Technique (Vct) Berbasis Kearifan Lokal Terhadap Motivasi Belajar Dan Hasil Belajar Siswa. NATURALISTIC: Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran, 5(1), 718-729.

Syamsuddin. (2021). Dampak Pembelajaran Daring Di Masa Pandemic Covid-19 Terhadap Motivasi Belajar Siswa Sd Inpres 1 Tatura Kota Palu. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran. Universitas Alkhairaat Palu. Vol. 4 No. 1. DOI: https://doi.org/10.31970/gurutua.v4i1.65

Uno. H.B. (2014). Teori Motivasi dan Pengukurannya: Analisis di Bidang Pendidikan. Bumi Aksara.

Yunita, Sari. (2020). Pengaruh Pembelajaran Daring terhadap Minat Belajar Siswa pada Masa COVID 19. Edu Sains Jurnal Pendidikan Sains & Matematika 2(3):232-243 DOI:10.31004/edukatif.v2i3.142.

Downloads

Published

02-08-2021

How to Cite

Suttrisno. (2021). Analisis Dampak Pembelajaran Daring terhadap Motivasi Belajar Siswa Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Riset Madrasah Ibtidaiyah (JURMIA), 1(1), 1–10. https://doi.org/10.32665/jurmia.v1i1.190