FLIPPED CLASSROOM : PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS DAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK MADRASAH TSANAWIYAH

Authors

  • Shafira Fiscarina Widyasari Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung
  • Rubhan Masykur Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung
  • Iip Sugiharta Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung

DOI:

https://doi.org/10.32665/james.v4i1.171

Keywords:

Flipped Classroom, Mathematical Critical Thinking, Motivation to Learn, Berpikir Kritis Matematis, Motivasi Belajar

Abstract

This study aims to improve students' mathematical critical thinking skills and learning motivation through the Flipped Classroom learning model. This research is a kind of Quasi-Experimental Design research. The population in this study were students of class VIII MTs Al Khairiyah Agom, sampling using the Cluster Random Sampling technique obtained two classes from several VIII classes at MTs Al-Khairiyah Agom. As a sample, the experimental class uses flipped classroom, while the control class is learning using the expository learning model. Analysis of the data used in this study used the MANOVA test with the R program. Based on the research analysis results, there was an effect of flipped classroom learning on improving mathematical critical thinking skills and learning motivation of students. The essential mathematical skills of thinking and learning motivation of students who use flipped classroom learning are better than the mathematical critical thinking skills of students who use expository knowledge.

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berfikir kritis matematis dan motivasi belajar peserta didik melalui model pembelajaran Flipped Classroom. Penelitian ini merupakan penelitian jenis Quisi Experimental Design. Populasi pada penelitian ini yaitu peserta didik kelas VIII MTs Al Khairiyah Agom, pengambilan sampel menggunakan  teknik Cluster Random Sampling didapat dua kelas dari beberapa kelas VIII di MTs Al-Khairiyah Agom. Sebagai sampel kelas eksperimen yaitu pembelajaran menggunakan flipped classroom, sedangkan kelas kontrol yaitu pembelajaran menggunakan model pembelajaran ekspositori. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan uji MANOVA dengan program R. Berdasarkan hasil analisis penelitian terdapat pengaruh pembelajaran flipped classroom terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis dan motivasi belajar peserta didik. Kemampuan berpikir kritis matematis dan motivasi belajar peserta didik yang menggunakan pembelajaran flipped classroom lebih baik dibandingkan kemampuan berpikir kritis matematis peserta didik yang menggunakan pembelajaran ekspositori.

References

Acep Pebianto, Reyna Suhartina, Ribka Yohana dkk. Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMA Ditinjau dari Gender. JPMI: Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, vol. 1, no. 4. (2018)

Ennis, R.H. “An Outline of Goals for a Critical Thinking Curriculum”. In Developing Minds: A Resource Book for Teaching Thinking. Virginia: ASCD Publication.(1985).

Joko Sulianto, Nyai Cintang, dan Mira Azizah. Analisis Korelasi dan Regresi Berpikir Kritis terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa SD Kota Semarang. Seminar Nasional Pendidikan.(2018)

Nurfadillah, L., Sahtosa, C. A. H. F., & Novaliyosi. Pengaruh Model Pembelajaran Flipped Classroom Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa. WILANGAN : Jurnal Inovasi Dan Riset Pendidikan.(2020).

Heris Hendriana, Euis Eti Rohaeti, Utari Sumarno. Hard Skills dan Soft Skills. Bandung: PT Refika Aditama.(2018).

Uno, Hamzah B. Teori Motivasi Dan Pengukurannya, Analsis Di Bidang Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara.(2012)

Santrock, John W. Psikologi Pendidikan. Edisi kedua. University of Texas at Dallas. Jakarta : Kencana.(2007).

Amma Emda. Kedudukan Motivasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran. Lantanida Journal, vol. 5, no. 2.(2017).

Putri Sulistianingsih. Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Motivasi Belajar Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematika. JKPM, vol. 2, no. 1.(2016).

Janatin, Y., Hamid, A., Wahyu, R., & Putra, Y. Upaya peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa SMP dengan menggunakan pembelajaran model flipped classroom. Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika UIN Raden Intan Lampung, 2(1), (2019). 125–139.

} Saputra, M. E. A., & Mujib, M. Efektivitas Model Flipped Classroom Menggunakan Video Pembelajaran Matematika terhadap Pemahaman Konsep. Desimal: Jurnal Matematika, 1(2), (2018). 173. https://doi.org/10.24042/djm.v1i2.2389

Nurmuiza, I., Maonde, F., & Sani, A. Pengaruh Motivasi Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMAN. JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA, 6.(2015).

Saputra, M. E. A., & Mujib. Efektivitas Model Flipped Classroom Menggunakan Video Pembelajaran Matematika terhadap Pemahaman Konsep. Desimal: Jurnal Matematika, 1(2), (2018).173–179.

Herreid, C. F., & Schiller, N. A. Case Studies and Flipped Classroom. Journal of College Science Teaching 42(5), (2013). 62-66.

Ozdamli, F., & Asiksoy, G. Flipped classroom approach. World Journal on Educational Technology: Current Issues , 8 (2),(2016). 98-105.

Wolff, L. C., & Chan, J. Flipped Classrooms for Legal Education. New York: Springer, (2016).

Bergmann, J. and Sams, A. How the flipped classroom is radically transforming learning. The Daily Riff.(2012b).

Ibrahim, M. Pemanfaatan Media Audio Visual Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Paket C. Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Pengajaran, 5(1).(2018).

Prasetia, F. Pengaruh Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Matematika. JKPM, 1(2),(2016). 257–266.

Maolidah, I. S., Ruhimat, T., & Dewi, L. Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Flipped Classroom Pada Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Edutcehnologia, 3(2),(2017).160–170.

Jarrah, A. M., & Diab, K. M. A. B. M. The Effect of Flipped Classroom Model o n Students ’ Achievement in the New 2016 Scholastic Assessment Test Mathematics Skills. The Journal Of Social Sciences Research, 5, (2019). 769–777.

Rusnawati, M. D. Implementasi Flipped Classroom Terhadap Hasil dan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Ilmiah Dan Pembelajaran, 4(April), (2020). 139–150.

Downloads

Published

2021-04-30

How to Cite

Widyasari, S. F., Masykur, R. ., & Sugiharta, I. . (2021). FLIPPED CLASSROOM : PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS DAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK MADRASAH TSANAWIYAH. Journal of Mathematics Education and Science, 4(1), 15–22. https://doi.org/10.32665/james.v4i1.171