POCKET BOOK DIGITAL BERBASIS ETNOMATEMATIKA SEBAGAI BAHAN AJAR SEKOLAH MENENGAH PERTAMA

  • Ika Herawati Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung
  • Fredi Ganda Putra Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung
  • Rubhan Masykur Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung
  • Chairul Anwar Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung
Keywords: Pocket Book, Ethnomatics, Teaching materials, Etnomatika, Bahan Ajar

Abstract

The purpose of this research is to know the development, response and effectiveness of learning using a digital pocket book characterized by Ethnomatematics for junior High School. Research and Development methods. Data Analysis techniques Research on the development of digital pocket books using 2 qualitative and quantitative analytical techniques.  Data collection techniques are obtained via polls, interviews, documentation, and tests. The research Model with ADDIE is analysis, design, development, implementation, and Evaluation (evaluation), and assessment. Research conducted at SMPN 7 Metro. The results of this study with students ' responses from the use of digital pocket books characterized by ethnomatematics in small scale tests were obtained on average of 3.49 with "very attractive" criteria and large scale acquired on average of 3.64 With the criteria "very interesting" and the effectiveness of the use of digital pocket Books characterized Ethnomatematics applied in the learning process get a test effect size of 0.59 by medium category. This causes the digital Pocket book to be effective for use in the learning process.

Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengembangan, respon maupun  efektivitas pembelajaran menggunakan pocket book digital bercirikan etnomatematika untuk sekolah menengah pertama. Metode penelitian yang digunakan (Research and Development). Teknik Analisis DataPenelitian terhadap pengembangan pocket book digital menggunakan 2 teknik analisis Kualitatif dan Kuantitatif.  Teknik Pengumpulan Data diperoleh melalui angket, wawancara,  dokumentasi, dan tes. Model penelitian dengan ADDIE yaitu analysis (analisis),  design  (perancangan), development (pengembangan), implementation (implementasi), dan  evaluation (evaluasi). Penelitian dilakukan di  SMPN 7 Metro. Adappun hasil penelitian ini dengan respon peserta didik dari penggunaan pocket book digital bercirikan etnomatematika dalam uji skala kecil diperoleh rata-rata sebesar 3,49 dengan kriteria “sangat menarik” dan skala besar diperoleh rata-rata sebesar 3,64 dengan kriteria “sangat menarik” Dan tingkat Keefektifan penggunaan pocket book digital bercirikan etnomatematika yang diterapkan dalam proses pembelajaran mendapatkan nilai uji effect size sebesar 0,59 dengan kategori sedang. Hal ini menyebabkan pocket book digital efektif untuk digunakan dalam proses pembelajaran.

References

[1] HASANAH, U. N., Thahir, A., Komaruddin, K., & Rahmahwaty, R. (t.t.). MURDER Learning and Self Efficacy Models: Impact on Mathematical Reflective Thingking Ability. Journal for the Education of Gifted Young Scientists, 7(4), 1123–1135.
[2] Fazlurrahman, M. (2018). Modernisasi Pendidikan Islam: Gagasan Alternatif Fazlur Rahman. TA’LIM: Jurnal Studi Pendidikan Islam, 1(1), 73–89.
[3] Latief, I. N. A. (2016). Model Respon Pendidikan Dalam Perubahan Sosial. Jurnal TadriS, 8(2), 97–112.
[4] Bahri, S. (2015). Implementasi pendidikan karakter dalam mengatasi krisis moral di sekolah. Ta’allum: Jurnal Pendidikan Islam, 3(1), 57–76.
[5] Firdaus, F. (2017). Urgensi Soft Skills Dan Character Building Bagi Mahasiswa. Jurnal Tapis: Jurnal Teropong Aspirasi Politik Islam, 13(1), 60–73.
[6] Karyanti, K., & Komarudin, K. (2017). Pengaruh model pembelajaran kumon terhadap pemahaman matematis ditinjau dari gaya kognitif peserta didik pada mata pelajaran matematika kelas viii smp negeri satu atap 4 pesawaran. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika, 1, 89–94.
[7] Maskur, R., Nofrizal, N., & Syazali, M. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika dengan Macromedia Flash. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 177–186.
[8] Siagian, R. E. F., & Nurfitriyanti, M. (2015). Metode pembelajaran inquiry dan pengaruhnya terhadap hasil belajar matematika ditinjau dari kreativitas belajar. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 2(1).
[9] Rakhmawati, R. (2016). Aktivitas Matematika Berbasis Budaya pada Masyarakat Lampung. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 221–230.
[10] Ramdani, Y. (2012). Pengembangan instrumen dan bahan ajar untuk meningkatkan kemampuan komunikasi, penalaran, dan koneksi matematis dalam konsep integral. Jurnal Penelitian Pendidikan, 13(1), 44–52.
[11] Sari, R. H. N. (2015). Literasi Matematika: Apa, Mengapa, dan Bagaimana. Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika UNY, 8.
[12] Juniati, N. W., & Widiana, I. W. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 1(1), 20–29.
[13] Situmorang, M. (2014). Pengembangan buku ajar kimia Sma melalui inovasi pembelajaran dan integrasi pendidikan karakter untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Prosiding SEMIRATA 2013, 1(1).
[14] Rosyid Eko Robiyanto, Z. (2019). Pengembangan Mobile Learning Pocket Book Android Untuk Melatihkan Kemampuan Literasi Pada Materi Gelombang Mekanik. Inovasi Pendidikan Fisika, 8(3).
[15] Satrianingsih, C. J. P., Haryani, S., & Dewi, N. R. (2017). The Model Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan Science Pocket Book untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif dan Sikap Terhadap Sains. Journal of Innovative Science Education, 6(2), 273–281.
[16] Khumaidi, A., & Sucahyo, I. (2018). Pengembangan mobile pocket book fisika sebagai media pembelajaran berbasis android pada materi momentum dan impuls. Inovasi Pendidikan Fisika, 7(2).
[17] Laksita, S. V., Supurwoko, S., & Budiawanti, S. (2013). Pengembangan Media Pembelajaran FIsikaDalam Bentuk Pocket Book pada Materi Alat Optik Serta Suhu dan Kalor Untuk Kelas X SMA. Jurnal Materi dan Pembelajaran Fisika, 3(1).
[18] Pane, A., & Dasopang, M. D. (2017). Belajar dan pembelajaran. Fitrah: Jurnal Kajian Ilmu-ilmu Keislaman, 3(2), 333–352.
[19] Maryani, E., & Syamsudin, H. (2009). Pengembangan Program Pembelajaran IPS untuk meningkatkan kompetensi Keterampilan sosial. Jurnal Penelitian, 9(1).
[20] Agustiana, N., Supriadi, N., & Komarudin, K. (2019). Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematis dengan Penerapan Pendekatan Bridging Analogy Ditinjau dari Self-Efficacy. Inovasi Pembangunan: Jurnal Kelitbangan, 7(1), 61–61.
[21] Prabawa, E. A., & Zaenuri, Z. (2017). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Ditinjau Dari Gaya Kognitif Siswa Pada Model Project Based Learning Bernuansa Etnomatematika. Unnes Journal of Mathematics Education Research, 6(1), 120–129.
[22] Martyanti, A., & Suhartini, S. (2018). Etnomatematika: Menumbuhkan Kemampuan Berpikir Kritis Melalui Budaya Dan Matematika. IndoMath: Indonesia Mathematics Education, 1(1), 35–41.
[23] Putri, L. I. (2017). Eksplorasi etnomatematika kesenian rebana sebagai sumber belajar matematika pada jenjang MI. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 4(1).
[24] Hermoyo, R. P., & Suher, M. (2017). Peranan Budaya Lokal Dalam Materi Ajar Bahasa Indonesia Bagi Penutur Asing (BIPA). ELSE (Elementary School Education Journal): Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 1(2b).
[25] Nurafni, A., Pujiastuti, H., & Mutaqin, A. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Trigonometri Berbasis Kearifan Lokal. Journal of Medives: Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 4(1), 71–80.
[26] Putra, R. W. Y., & Indriani, P. (2017). Implementasi Etnomatematika Berbasis Budaya Lokal dalam Pembelajaran Matematika pada Jenjang Sekolah Dasar. NUMERICAL: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 9–14.
[27] Asyhari, A., & Silvia, H. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Berupa Buletin dalam Bentuk Buku Saku untuk Pembelajran IPA Terpadu. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 5(1), 1–13.
[28] Agnasari, R. (2019). Pengembangan Pocket Book Digital Berbasis Scaffolding Materi Fungsi Pada Kelas X SMA Tunas Bangsa Lampung Selatan. UIN Raden Intan Lampung.
[29] FARINA PUTRI, Y. (2017). Pengembangan Aplikasi Buku Saku Berbasis Android Sebagai Media Pembelajaran Hukum Kesehatan di Akademi Farmasi Surabaya. IT-Edu: Jurnal Information Technology and Education, 2(02).
[30] Mukminah, M., Sukroyanti, B. A., & Fuaddunazmi, M. (2015). Pengaruh Penggunaan Pocket Book Siswa Dengan Teknik Evaluasi Media Puzzle Ceria Terhadap Aktivitas Dan Hasil Belajar. Lensa: Jurnal Kependidikan Fisika, 3(2), 288–293.
Published
2020-04-30
How to Cite
Herawati, I., Putra, F., Masykur, R., & Anwar, C. (2020). POCKET BOOK DIGITAL BERBASIS ETNOMATEMATIKA SEBAGAI BAHAN AJAR SEKOLAH MENENGAH PERTAMA. Journal of Mathematics Education and Science, 3(1), 29-37. https://doi.org/https://doi.org/10.32665/james.v3i1.132