PENGARUH PERHATIAN ORANG TUA DAN MINAT BELAJAR TERHADAP PENGUASAAN KONSEP MATEMATIKA

  • Titin Supriyatin Universitas Indraprasta PGRI
Keywords: Perhatian orang tua, Minat belajar, Konsep Matematika, Parents attention, Interest in learning, Mathematical Concept

Abstract

The research aims to determine the effect of parents’ attention and students’ interest toward students’ mathematical concept. This research used Path Analysis Method. The sample of this research was 60 students which was chosen by using multi stage sampling technique. The data collection technique of this research was done by using written test and questionnaire. The data analysis was done by applying descriptive statistic method, Pearson Coefficient Correlation and path analysis. The result shows that there is significant effect of parents’ attention toward students’ mathematical concept mastery, there is significant effect of students’ learning interest toward mathematical concept mastery, there is significant effect of parents’ attention toward students’ learning interest, there is indirect insignificant effect of parents’ attention toward mathematical concept mastery through students’ learning interest. To improve students’ mathematical concept mastery at junior high school level, teachers should synchronize parents’ attention and students’ learning interest better than before.

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh perhatian orang tua dan minat belajar terhadap penguasaan konsep matatematika. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode path analisys. Sampel sebanyak 60 siswa yang diambil dengan teknik multi stage sampling. Pengumpulan data dilaksanakan dengan tes tulis dan angket penelitian. Analisis data dengan metode  statistik deskriptif, koefisien korelasi pearson dana nalisis jalur (path analisis). Uji statistik dipergunakan uji F. Hasil penelitian menunjukan terdapat pengaruh langsung yang signifikan perhatian orang tua terhadap penguasaan konsep Matematika siswa, terdapat pengaruh langsung yang signifikan minat belajar terhadap penguasaan konsep Matematika siswa, terdapat  pengaruh langsung yang signifikan perhatian orang tua terhadap minat belajar siswa, terdapat pengaruh tidak langsung yang tidak signifikan perhatian orang tua terhadap penguasaan konsep matematika melalui minat belajarsiswa. Untuk meningkatkan kemampuan penguasaan konsep matematika siswa SMP, guru harus berupaya agar perhatian orang tua dan minat belajar siswa bisa lebih baik lagi.

 

References

[1] Arikunto, S., Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta: Rineka Cipta, (2002).
[2] Dalyono, M., Psikologi Pendidikan, Jakarta: Rineka Cipta, (2005).
[3] Slameto, Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi, Jakarta: PT. Rineka Cipta, (2010).
[4] Muhibbin, S., Psikologi Belajar. Ed, Revisi,11. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, (2011).
[5] Ningsih, Pengaruh kemandirian belajar dan perhatian orang tua terhadap prestasi belajar matematika, Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 6(3), (2016), 233-245
Published
2019-04-25
How to Cite
Supriyatin, T. (2019). PENGARUH PERHATIAN ORANG TUA DAN MINAT BELAJAR TERHADAP PENGUASAAN KONSEP MATEMATIKA. Journal of Mathematics Education and Science, 2(1), 45-50. https://doi.org/https://doi.org/10.32665/james.v2i1.64