Analisis Kesulitan Siswa dalam Memecahkan Masalah Matematika Ditinjau dari Gaya Belajar

Abstract View: 160, PDF Download: 128

Authors

  • Arini Ishaqiyah Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Silviana Maya Purwasih Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Sri Rahayu Universitas PGRI Adi Buana Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.32665/james.v6i2.1792

Keywords:

Difficult Analysis, Cooney’s Theory, Learning Style, Analisis Kesulitan, Teori Cooney, Gaya Belajar

Abstract

Berdasarkan hasil observasi di SMA Wachid Hasyim 5 Surabaya, masih banyak siswa yang mengalami kesulitan saat menyelesaikan masalah matematika terutama pada materi sistem persamaan linier tiga variabel. Adanya perbedaan gaya belajar di antara siswa menjadi salah satu faktor internal yang mempengaruhi kesulitan siswa saat memecahkan soal matematika. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan kesulitan dalam memecahkan masalah matematika ditinjau dari gaya belajar siswa SMA Wachid Hasyim 5 Surabaya berdasarkan Teori Cooney. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Subjek pada penelitian ini berjumlah 6 siswa yang terdiri dari 2 siswa dengan nilai terendah pada setiap gaya belajar. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode angket, tes, dan wawancara, sedangkan keabsahan diuji melalui triangulasi teknik. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa siswa dengan gaya belajar visual mengalami kesulitan menerapkan prinsip yaitu kurang sistematis dalam menyusun langkah penyelesaian dan kesulitan menyelesaikan masalah verbal yaitu kurang tepat dalam memisalkan variabel dalam soal. Siswa dengan gaya belajar auditori mengalami kesulitan menyelesaikan masalah verbal yakni kurang tepat memisalkan variabel dan tidak dapat menarik kesimpulan. Siswa dengan gaya belajar kinestetik mengalami kesulitan menerapkan prinsip yaitu kurang tepat saat menerapkan sifat-sifat operasi hitung dan tidak mampu menyelesaikan perhitungan, serta mengalami kesulitan menyelesaikan masalah verbal yakni kurang tepat dalam memisalkan variabel

References

E. K. Hasibuan, “Analisis Kesulitan Belajar Matematika Siswa Pada Pokok Bahasan Bangun Ruang Sisi Datar Di Smp Negeri 12 Bandung,” AXIOM : Jurnal Pendidikan dan Matematika, vol. 7, no. 1, pp. 18–30, 2018, doi: 10.30821/axiom.v7i1.1766.

T. Erviana, “Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Dalam Memecahkan Masalah Aljabar Berdasarkan Gaya Kognitif Field Independent,” Alifmatika: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika, vol. 1, no. 1, pp. 61–73, 2019, doi: 10.35316/alifmatika.2019.v1i1.61-73.

E. I. Permata, S. Sunandar, and D. Endahwuri, “Analisis Kesulitan Siswa dalam Memecahkan Masalah Matematika Berdasarkan Gaya Belajar Siswa,” Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, vol. 2, no. 6, pp. 473–484, 2020, doi: 10.26877/imajiner.v2i6.6719.

A. A. W. Tias and D. U. Wutsqa, “Analisis Kesulitan Siswa Sma Dalam Pemecahan Masalah Matematika Kelas Xii Ipa Di Kota Yogyakarta An Analysis Of Senior High School Students’ Difficulties In Mathematics Problem Solving Based At Grade Xii Of Science Program In Yogyakarta City,” vol. 2, no. 1, pp. 28–39, 2015.

N. N. Aini and M. Mukhlis, “Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Pada Soal Cerita Matematika Berdasarkan Teori Polya Ditinjau Dari Adversity Quotient,” Alifmatika: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika, vol. 2, no. 1, pp. 105–128, Jun. 2020, doi: 10.35316/alifmatika.2020.v2i1.105-128.

W. Saniyah and F. Alyani, “Analisis Kesulitan Belajar Siswa Dalam Pemecahan Masalah Matematis Pada Materi Peluang,” ANARGYA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, vol. 4, no. 2, 2021, doi: 10.24176/anargya.v4i2.6457.

L. Sholekah, D. Ma’atus, Anggreini, and A. Waluyo, “Analisis Kesulitan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Ditinjau Dari Koneksi Matematis Materi Limit Fungsi,” 2017.

F. M. Azizi, A. Imswatama, and H. S. Lukman, “Analisis Kesulitan Belajar Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Ditinjau Dari Gaya Belajar,” PEKA (Pendidikan Matematika), vol. 5, no. 2, 2022, doi: 10.37150/jp.v5i2.1275.

R. Richardo, D. Retno, and S. Saputro, “Tingkat Kreativitas Siswa Dalam Memecahkan Masalah Matematika Divergen Ditinjau Dari Gaya Belajar Siswa,” Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika, vol. 2, no. 2, pp. 141–151, 2014.

A. Z. Widyaningrum, “Analisis Kesulitan Siswa Dalam Mengerjakansoal Cerita Matematika Materi Aritmatika Sosial Ditinjau Dari Gaya Belajar Siswa Kelas VII SMP Negeri 5 Metro,” vol. 1, no. 2, 2016.

A. Kurniati, Fransiska, and A. W. Sari, “Analisis Gaya Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas V,” Jurnal Pendidikan Dasar Perkhasa, vol. 5, no. 1, pp. 87–103, 2019.

Y. Wahyuni, “Identifikasi gaya belajar (Visual, Auditorial, Kinestetik),” Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika, vol. 10, no. 2, pp. 128–132, 2017.

R. F. Zahro, Sugiyanti, and Supandi, “Analisis Kesulitan Belajar Siswa pada Materi Dimensi Tiga Ditinjau dari Gaya Belajar Siswa,” Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, vol. 4, no. 3, pp. 194–200, 2022.

I. Nuriza, E. Yusmin, B. Program, S. Pendidikan, M. Fkip, and U. Pontianak, “Analisis Kesulitan Siswa Menyelesaikan Soal Cerita Materi Program Linear Berdasarkan Gaya Belajar Siswa SMA,” 2020.

K. Kow and J. Yeo, “Secondary 2 Students’ Difficulties in Solving Non-Routine Problems”.

U. Adha et al., “Analisis Kesulitan Siswa Mts Dalam Menyelesaikan Masalah Sistem Persamaan Linier Dua Variabel Ditinjau Dari Gaya Belajar Siswa.”

“Angket Gaya Belajar Siswa | PDF.” Accessed: Oct. 12, 2023. [Online]. Available: https://www.scribd.com/document/391171375/Angket-Gaya-Belajar-Siswa?irclickid=zDazaLUWJxyNRchwN7Tl50PIUkFWaQXtq3fpxU0&irpid=123201&utm_source=impact&utm_medium=cpc&utm_campaign=affiliate_pdm_acquisition_TakeAds%20Networks&sharedid=229595&irgwc=1

Trizulfianto, A. Dewi, and W. Adi, “Analisis Kesulitan Siswa Dalam Memecahkan Masalah Matematika Materi Program Linier Berdasarkan Gaya Belajar Siswa,” 2017.

S. Wassahua, “Analisis Gaya Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Matematika Pada Materi Himpunan Siswa Kelas Vii Smp Negeri Karang Jaya Kecamatan Namlea Kabupaten Buru,” Jurnal Matematika dan Pembelajarannya, vol. 2, no. 1, 2016.

Downloads

Published

2023-10-25

How to Cite

[1]
A. Ishaqiyah, S. M. Purwasih, and S. Rahayu, “Analisis Kesulitan Siswa dalam Memecahkan Masalah Matematika Ditinjau dari Gaya Belajar”, JaMES, vol. 6, no. 2, pp. 149–158, Oct. 2023.
Abstract View: 160, PDF Download: 128