Pengaruh Strategi Pembelajaran Scaffolding dengan Bantuan Bahan Ajar Macromedia Flash 8.0 Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Ditinjau dari Kemandirian Belajar Siswa
Abstract View: 316, PDF Download: 219DOI:
https://doi.org/10.32665/james.v5i1.394Keywords:
Kemandirian Belajar, Model Pembelajaran Scaffolding, Macromedia Flash 8.0, Pemahaman Konsep, Independent Learning, Scaffolding Learning Model, Understanding Mathematical ConceptsAbstract
Tujuan dari penelitian ini yang pertama adalah untuk mengetahui perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematika pada kelas yang menerapkan strategi pembelajaran Scaffolding berbantuan bahan ajar Macromedia Flash 8.0 dengan kelas yang menerapkan strategi pembelajaran konvensional. Kedua, perbedaan kategori siswa yang mempunyai kemandirian belajar tinggi, sedang, dan rendah terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika. Ketiga, interaksi antara model pembelajaran dan kemandirian belajar siswa terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika. Metode penelitian ini adalah kuantitaf, dengan jenis penelitian Quasy Experiment, serta menggunakan desain penelitian 23 uji hipotesis ANOVA dua arah sel tak sama. Penelitian ini dilaksanakan pada kelas XI IPA SMA Negeri 1 Kasui kelas XI IPA 1 dan XI IPA 2. Hasil penelitian diperoleh H0A diterima dengan nilai sig=0,082>?=0,05, H0B diterima dengan nilai sig=0,650>?=0,05 dan H0AB diterima dengan nilai sig=0,794>?=0,05. Berdasarkan uji ANOVA tersebut diperoleh hasil bahwa tidak terdapat perbedaan antara hasil pemahaman konsep matematika kelas yang menerapkan strategi pembelajaran scaffolding berbantuan bahan ajar macromedia flash 8.0 dengan kelas yang menggunakan strategi pembelajaran konvensional. Tidak terdapat perbedaan kemandirian belajar siswa tinggi, sedang, dan rendah terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika. Serta tidak terdapat interaksi antara strategi dan kemandirian belajar siswa terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika siswa.
References
L. D. Setiawan, “Pendidikan Indonesia Di Tengah Pandemi Covid-19,” Pros. Semin. Bhs. dan Sastra Indones., no. 4, pp. 432–437, 2020.
I. Holisin and H. Mursyidah, “Pengaruh Metode Flipped Classroom Berbantuan,” vol. 4, no. 2, pp. 101–110, 2021.
N. Netriwati, Strategi Belajar Mengajar Matematika. Bandar Lampung: Fakta Pess Fakultas Tarbiyah IAIN Raden Intan Lampung, 2013.
I. Kusmaryono, N. Ubaidah, and A. Rusdiantoro, Strategi Scaffolding Pada Pembelajaran, 1st ed. Semarang: Unissula Press, 2020.
J. Aulia, D. Fitriani, and R. Risnawati, “Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Scaffolding terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Berdasarkan Self Efficacy Siswa SMP/MTs,” Juring (Journal Res. Math. Learn., vol. 3, no. 4, 2020.
W. Wahyudi, “Pengembangan Bahan Ajar Elektronik Multimedia Dengan Macromedia Flash 8.0 Untuk Mahasiswa S1 Pgsd Uksw,” Satya Widya, vol. 28, no. 1, p. 55, 2012, doi: 10.24246/j.sw.2012.v28.i1.p55-72.
K. W. Wardani and D. Setyadi, “Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Macromedia Flash Materi Luas dan Keliling untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa,” Sch. J. Pendidik. dan Kebud., vol. 10, no. 1, pp. 73–84, 2020, doi: 10.24246/j.js.2020.v10.i1.p73-84.
Netriwati, Suherman, and H. A. Z. Tamrin, “Model Fraction Circle Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Peserta Didik Dalam Penjumlahan Pecahan,” Pros. Semin. Nas. Mat. dan Pendidik. Mat. UIN Raden Intan Lampung, pp. 487–493, 2018.
A. A. Jeheman, B. Gunur, and S. Jelatu, “Pengaruh Pendekatan Matematika Realistik terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa,” Mosharafa J. Pendidik. Mat., vol. 8, no. 2, pp. 191–202, 2019, doi: 10.31980/mosharafa.v8i2.454.
M. G. Saragih, L. Saragih, J. W. P. Purba, and P. D. Panjaitan, Metode Penelitian Kuantitatif Dasar-dasar Memulai Penelitian. Medan: Yayasan Kita Menulis, 2021.
I. P. A. A. Payadnya and I. G. A. N. T. Jayantika, Panduan Penelitian Eksperimen Beserta Analisis Statistik dengan SPSS. Yogyakarta: Deepublish (CV Budi Utama), 2018.
S. Syahrir, D. Danial, E. Yulinda, and M. Yusuf, Aplikasi Metode SEM-PLS dalam Peningkatan Sumberdaya Pesisir dan Lautan. Bogor: IPB Press, 2020.
F. Yusup, “Uji Validitas dan Reliabilitas Instrumen Penelitian Kuantitatif,” J. Tarb. J. Ilm. Kependidikan, vol. 7, no. 1, pp. 17–23, 2018, doi: 10.18592/tarbiyah.v7i1.2100.
H. Kurniawan, Pengantar Praktis Penyusunan Instrumen Penelitian. Yogyakarta: Deepublish (CV Budi Utama), 2021.
V. H. Pranatawijaya, W. Widiatry, R. Priskila, and P. B. A. A. Putra, “Pengembangan Aplikasi Kuisioner Survey Berbasis Web Menggunakan Skala Likert dan Guttman,” J. Sains dan Inform., vol. 5, no. 2, pp. 128–137, 2019, doi: 10.34128/jsi.v5i2.185.
R. Ramadhani and N. S. Bina, Statistika Penelitian Pendidiakan: Analisis Perhitungan Matematis dan Aplikasi SPSS, 1st ed. Jakarta: Kencana, 2021.
D. A. Setyawan, A. Devriany, N. Rahmadiliyani, R. E. H. Patriyani, and E. C. Sulustyowati, Buku Ajar Statistika. Indramayu: Penerbit Adab, 2021.
A. Rinaldi, N. Novalia, and M. Syazali, Statistika Inferensial Untuk Ilmu Sosisal dan Pendidikan, 1st ed. Bogor: IPB Press, 2020.
S. Suhartono and A. Indramawan, Group Investigation Konsep Dan Implementasi Dalam Pembelajaran, 1st ed. Jawa Timur: Academia Publication, 2021.
A. Mulyani, Hartanto, and Zamzaili, “Pengaruh Model Pembelajaran Connected Mathematics Project Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Dan Penalaran Matematis Di Madrasah Aliyah,” vol. 2, no. 1, pp. 118–127, 2017.
F. Masnia and Z. Amir, “Pengaruh Penerapan Model Scaffolding terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Berdasarkan Self Efficacy Siswa SMP,” JURING (Journal Res. Math. Learn., vol. 2, no. 3, p. 249, 2019, doi: 10.24014/juring.v2i3.7675.
E. Mahananingtyas, “Hasil Belajar Kognitif, Afektif dan Psikomotor melalui penggunaan jurnal belajar bagi mahasiswa PGSD,” Pros. Semin. Nas. HDPGSDI Wil. IV, pp. 192–200, 2017.
E. B. Santoso, Self Regulated Learning (Kajian Teoritis Dan Praktis Dalam Proses Pembelajaran). Jawa Timur: Academia Publication, 2021.
S. I. Lestari and L. Andriani, “Pengaruh Penerapan Strategi Pembelajaran Scaffolding terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Madrasah Tsanawiyah Al-Hidayah Singingi Hilir ditinjau dari Motivasi Belajar Siswa,” Suska J. Math. Educ., vol. 5, no. 1, p. 68, 2019, doi: 10.24014/sjme.v5i1.6950.
Rukminingsih, G. Adnan, and M. A. Latief, Metode Penelitian Pendidikan. Penelitian Kuantitatif, Penelitian Kualitatif, Penelitian Tindakan Kelas, vol. 53, no. 9. Yogyakarta: Erhaka Utama, 2020.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Journal of Mathematics Education and Science
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) before and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work