Faktor Kesulitan Siswa Dalam Pembelajaran Senam Lantai Guling Depan

Abstract View: 1423, PDF Download: 291

Authors

  • Isnaeni Mahmudah Universitas Negeri Semarang
  • Agus Darmawan Universitas Negeri Semarang
  • Hilmy Aliriad Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri

DOI:

https://doi.org/10.32665/citius.v2i2.1268

Keywords:

Senam lantai, Rolldepan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apa saja faktor kesulitan pembelajaran senam lantai guling depan Se-Dabin Talang Kabupaten Tegal Tahun Ajaran 2021/2022. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan metode survei dan instrumen penelitian menggunakan angket. Populasi dalam penelitian ini yaitu peserta didik Sekolah Dasar Se-Dabin Talang Tahun Ajaran 2021/2022 dengan pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling dengan jumlah responden 140 peserta didik. Kemudian Teknik analisis data dengan menggunakan Teknik analisis statistik dengan persentase. Hasil peneliti ananalisis faktor kesulitan pembelajaran senam lantai guling depan Se-Dabin Talang Tahun Ajaran 2021/2022 dari Faktor Internal: faktor kemampuan fisik (42,1%) Tinggi, faktor psikologis (43,6%) Tinggi. Faktor Eksternal: faktor guru (57,9%) Sedang, faktor sarana dan prasarana (33,6%) Rendah dan faktor lingkungan sekolah (52,9%) Sedang. Sehingga dapat disimpulkan faktor yang paling dominan dari Faktor Internal: faktor kemampuan fisik yang dikarenakan keseimbangan, kekuatan, berat badan maupun secara kondisi fisik para peserta didik dan faktor psikologis disebabkan kurangnya percaya diri pada peserta didik. Faktor Eksternal: faktor guru dikarenakan metode mengajar, dan alat pembelajaran yang diajarkan oleh guru kurang bisa dipahami oleh peserta didik dan faktor lingkungan sekolah dikarenakan lingkungan sekolah yang ramai.

References

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Aenon, N., Iskandar, I., & Rejeki, H. S. (2020). Faktor Faktor Yang Mempengaruhi Rendahnya Prestasi Belajar Pendidikan Jasmani. Jurnal Ilmu Keolahragaan, 3(2), 149. https://doi.org/10.26418/jilo.v3i2.42965

Bandi, A. M. (2011). Pembentukan Karakter Anak Melalui Aktivitas Bermain Dalam Pendidikan Jasmani. Jurnal Pendidikan JAsmani Indonesia, 8(April), 2.

Cahyono, H. (2019). Faktor-Faktor Kesulitan Belajar Siswa Min Janti. Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran, 7(1), 1–4.

Hariadi. (2017). Pengembangan Intrumen Penilaian Otentik Aspek Sikap Sosial Dalam Pendidikan Jasmani, Olehraga Dan Kesehatan. Ilmu Keolahragaan, 16(1), 84–96.

Hermansah, B. (2021). Identifikasi Faktor-Faktor Kesulitan. Wahana Didaktika, 19, 131–139.

Janurti, N. K., Ketut, D., & Wyn, W. (2016). Analisis Kesulitan Belajar Dalam Pembelajaran Membaca Cepat Siswa Kelas V Sd Gugus Vi Kecamatan Abang. PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 4(1).

Khikmah, A., & Winarno, M. E. (2019). Survei Sarna dan Prasarana Pendidikan Jasmani di Madrasah Tsanawiyah (Mts) Se-Kecatan Ganjig Tahun 2017. Indonesia Journal of Sport and Physical Education, 1(1), 12–19.

Mabrur, Anang, S., & Mochamad, Zakky, M. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Direct Instruction Terhadap Hasil Belajar Teknik Dasar Guling Depan Senam Lantai. 2(April).

Nurfirdaus, N., & Hodijah, N. (2018). Studi Tentang Peran Lingkungan Sekolah Dan Pembentukan Perilaku Sosial Siswa Sdn 3 Cisantana. Jurnal Ilmiah Educater, 4(2), 113–129.

Setiawan, I., & Triyanto, H. (2014). Pengembagan Permainan Tradisonal Gobak Sodor Bola dalam Pembelajaran Penjas pada Siswa SD. Jurnal Media Ilmu Keolahragaan Indonesia, 4.

Sholikhah, A. (2016). Statistik Deskriptif Dalam Penelitian Kualitatif. KOMUNIKA, 10(2), 342–362. https://doi.org/10.24090/komunika.v10i2.953

Titin, S. (2017). Peningkatan Pembelajaran Senam Lantai Guling Depan Melalui Permainan Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 18 Kota Pekanbaru. Pigur, 01(02), 40–48.

Zaccagni, L., Rinaldo, N., & Gualdi, E. (2019). Anthropometric Indicators of Body Image Dissatisfaction and Perception Inconsistency in Young Rhythmic Gymnastics. Asian Journal of Sports Medicine, In Press. https://doi.org/10.5812/asjsm.87871

Downloads

Published

2022-12-31

How to Cite

Isnaeni Mahmudah, Agus Darmawan, & Aliriad, H. (2022). Faktor Kesulitan Siswa Dalam Pembelajaran Senam Lantai Guling Depan . Citius : Jurnal Pendidikan Jasmani, Olahraga, Dan Kesehatan, 2(2), 94–101. https://doi.org/10.32665/citius.v2i2.1268
Abstract View: 1423, PDF Download: 291