Pengaruh Permainan Bola Kertas Terhadap Kemampuan Hasil Belajar Tolak Peluru Gaya Ortodoks
Abstract View: 278, PDF Download: 215DOI:
https://doi.org/10.32665/citius.v3i1.1698Keywords:
Paper Ball Game, Learning Outcomes, Push The Bullet, Orthodox StyleAbstract
Penelitian ini dilakukan untuk mengevaluasi pengaruh permainan bola kertas terhadap kemampuan belajar tolak peluru menggunakan gaya ortodoks di SMPN 2 Padangan. Sampel penelitian berjumlah 30 pelajar, terdiri dari 10 pelajar laki-laki dan 20 pelajar perempuan, penelitian ini bertujuan untuk menguji apakah pendekatan bermain dapat meningkatkan hasil belajar tolak peluru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa skor uji yang diperoleh sebesar 42,68 lebih tinggi daripada skor T tabel sebesar 1,684, sehingga hipotesis diterima dan terdapat pengaruh dari pendekatan bermain. Selain itu, studi ini juga menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar tolak peluru pada pelajar kelas 7c SMPN 2 Padangan, dengan peningkatan skor mean pretest sebesar 28,60 menjadi skor mean post test sebesar 44,68, atau meningkat sebesar 16,8. Uji pengaruh juga menunjukkan bahwa pendekatan bermain memiliki pengaruh signifikan terhadap kemampuan tolak peluru menggunakan gaya ortodoks, dengan peningkatan sebesar 56% pada peserta didik. Kesimpulan pengaruh permaian bola kertas dapat meningkatkan motivasi dan partisipasi siswa dalam pembelajaran olahraga, serta membantu mereka memperoleh hasil belajar yang lebih baik. Penerapan pendekatan bermain dalam tolak peluru gaya ortodoks dapat meningkatkan keterampilan motorik dasar siswa, seperti kelenturan, kekuatan otot, dan koordinasi gerakan. Temuan ini memberikan masukan penting untuk pengembangan metode pembelajaran yang lebih efektif dalam meningkatkan kemampuan tolak peluru pada pelajar.
References
Aliriad, H. (2023). Level Of Motor Educability In Floor Gymnastics Courses To Motion Skills. JUARA: Jurnal Olahraga, 8(1). https://doi.org/10.33222/juara.v8i1.2807
Andriani, D. P., Setyanto, N. W., & Kusuma, L. T. W. N. (2017). Desain dan Analisis Eksperimen untuk Rekayasa Kualitas. Universitas Brawijaya Press.
Araújo, R., Mesquita, I., Hastie, P., & Pereira, C. (2016). Students’ game performance improvements during a hybrid sport education–step-game-approach volleyball unit. European Physical Education Review, 22(2), 185–200. https://doi.org/10.1177/1356336x15597927
Basundoro, P., Asmawi, M., & Juniarto, M. (2023). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Tolak Peluru Gaya O’brien Menggunakan Media Modifikasi Peluru Pada Peserta Didik Sekolah Dasar. Jurnal Olahraga Kebugaran Dan Rehabilitasi (JOKER), 3(1), 1–7. https://doi.org/10.35706/joker.v3i1.7045
Budi, D. R., Widyaningsih, R., Nur, L., Agustan, B., Dwi, D. R. S., Qohhar, W., & Asnaldi, A. (2021). Cycling during covid-19 pandemic: Sports or lifestyle? International Journal of Human Movement and Sports Sciences, 9(4), 765–771. https://doi.org/10.13189/saj.2021.090422
Daniati, N., Supriatna, E., & Purnomo, E. (2014). Pengaruh Media Pembelajaran Bola Tenis Terhadap Hasil Belajar Tolak Peluru Gaya Ortodoks Di SMP. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 3(7).https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/ view/5680
Elanda, K. (2014). Penerapan Teknik Dasar Tolak Peluru Gaya Ortodok Dengan Menggunakan Alat Modifikasi Dari Bola Plastik. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 3(6). https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/6129
Endrawan, I. B., & Aliriad, H. (2023). Problem-Based Collaborative Learning Model Improves Physical Education Learning Outcomes for Elementary School Students.MIMBAR PGSD Undiksha, 11(1), 9–17. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v11i1.59758
Engel, A., Broderick, C., van Doorn, N., Hardy, L., Ward, R., Kwai, N., & Parmenter, B. (2021). Effect of a Fundamental Motor Skills Intervention on Fundamental Motor Skill and Physical Activity in a Preschool Setting: A Cluster Randomized Controlled Trial. Pediatric Exercise Science, 34(2), 57–66. https://doi.org/10.1123/pes.2021-0021
Evivani, M., & Oktaria, R. (2020). Permainan Finger Painting Untuk Pengembangan Kemampuan Motorik Halus Anak Usia Dini. Jurnal Warna: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 5(1), 23–31. https://doi.org/10.24903/jw.v5i1.427
Fernando, R., & Permadi, A. A. (2021). Efektivitas Pembelajaran Sepakbola melalui Pendekatan Bermain dan Pendekatan Teknik terhadap Motor Ability bagi Siswa SMAN Olahraga Riau. Holistic Journal of Sport Education, 1(1), 1–6. https://doi.org/10.52434/hjse.v1i1.1457
Gustian, U. (2020). Permainan tradisional: suatu pendekatan dalam mengembangkan physical literacy siswa sekolah dasar. Jurnal SPORTIF: Jurnal Penelitian Pembelajaran, 6(1), 199–215. https://doi.org/10.29407/js_unpgri.v6i1.14252
IP, F. A. (2015). Upaya Meningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Dalam Pembelajaran Tolak Peluru Gaya Membelakangi Melalui Modifikasi Peluru Buatan Peserta Didik Kelas VIII B SMP Negeri 2 Turi Kabupaten Sleman. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, 11(2). http://dx.doi.org/10.21831/jpji.v11i2.8188
Ismail, I. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Materi Tolak Peluru Menggunakan Media Modifikasi Peluru dari Bola Plastik. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(1), 682–686. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i1.1532
Ladwig, M. A., Sciamanna, C. N., Rutt, K. N., Blaker, J. M., Kearcher, K., Auer, B. J., Rovniak, L. S., Conroy, D. E., Gottschall, J. S., Silvis, M. L., Smyth, J. M., & Wang, M. (2021). Adult outdoor group sport play during a pandemic: Feasibility, acceptability, and program adherence results from a study of modifications to mitigate COVID-19 risk. Preventive Medicine Reports, 23, 101476. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.pmedr.2021.101476
Mardiwon, M. (2016). Peningkatan Efektivitas Belajar Tolak Peluru Melalui Penggunaan Media Peluru Tiruan Dari Bola Plastik Pada Siswa Kelas Vi Semester 1 Sdn Babadan Demak. Refleksi Edukatika: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 7(1), 16–21. https://doi.org/10.24176/re.v7i1.908
Musthofa, B., Subroto, T., & Budiana, D. (2016). Implementasi Pendekatan Bermain Dalam Pembelajaran Aktivitas Berlari. Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 1(1), 48–56. https://doi.org/10.17509/jpjo.v1i1.3663
Nelly, N. (2021). Strategi Pembelajaran Berbasis Motivasi. EDULEAD: Journal of Christian Education and Leadership, 2(2), 306–311. https://doi.org/10.47530/edulead.v2i2.63
Pahliwandari, R. (2020). Meningkatkan Kesegaran Jasmani Melalui Pendekatan Bermain dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani pada Siswa Kelas VIII SMP 04 Kecamatan Sungai Kakap. Jurnal Keolahragaan, 6(2), 87–95. https://doi.org/10.25157/jkor.v6i2.4933
Prasetyo, K. (2016). Penerapan Pendekatan Bermain untuk Meningkatkan Hasil Belajar Lompat Jauh Gaya Jongkok Pada Siswa Kelas 5 Sekolah Dasar. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 6(3), 196–205. https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2016.v6.i3.p196-205
Saputri, R. F., Winarno, M. E., & Surendra, M. (2016). Model Pembelajaran Teknik Dasar Tolak Peluru Gaya Menyamping Siswa Kelas VII di SMPN 12 Malang. Jurnal Pendidikan Jasmani, 26(1). http://dx.doi.org/10.17977/pj.v26i1.7741
Syahroni, U. I. (2020). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Tolak Peluru Gaya Ortodoks melalui Metode Discovery Learning Pada Siswa Smp Kelas VIII. Sport Science and Health, 2(7), 367–375. https://doi.org/10.17977/um062v2i72020p367-375
Utamayasa, I. G. D. (2021). Model-model pembelajaran pendidikan jasmani. Jakad Media Publishing.
Utami, R. S. (2019). Pengembangan Media pembelajaran tolak peluru. https://doi.org/10.31219/ osf.io/c3sv5
Yova, V. P., & Dewantoro, D. A. (2019). Modifikasi Perangkat Tolak Peluru dalam Olahraga Tolak Peluru Anak Tunagrahita. Jurnal ORTOPEDAGOGIA, 5(1), 18–23. https://doi.org/10.17977/ um031v4i12018p018
Yuliana, T. (2021). Penggunaan Metode Drill untuk Meningkatkan Hasil Belajar Materi Tolak Peluru Gaya O’brien pada Siswa Kelas VI Semester 1 SDN Ngadiroyo Kecamatan Nguntoronadi Tahun Pelajaran 2019/2020. Jurnal Ilmiah Guru Indonesia, 2(2), 166–173. https://journalindonesia.org/index.php/JIGI/article/view/88
Zander, L., Kreutzmann, M., West, S. G., Mettke, E., & Hannover, B. (2014). How school-based dancing classes change affective and collaborative networks of adolescents. Psychology of Sport and Exercise, 15(4), 418–428.https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.psychsport. 2014.04.004