Studi Literatur: Pengaruh Media Pembelajaran Permainan Tradisional Terhadap Hasil belajar Siswa

Abstract View: 13, PDF Download: 4 SIMILARITY CHECK Download: 1

Authors

  • Asyraf Dhia Pratama Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Wahyu Setia Kuscahyaning Putri Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri

DOI:

https://doi.org/10.32665/citius.v4i1.2631

Keywords:

media pembelajaran, permainan tradisional, hasil belajar

Abstract

Pendidikan merupakan salah satu aspek penting dalam kehidupan yang bertujuan untuk mengembangkan potensi individu secara menyeluruh. Dalam proses pembelajaran, media pembelajaran memiliki peran yang sangat penting dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Salah satu media pembelajaran yang dapat digunakan adalah permainan tradisional.  Metode penelitian yang digunakan dalam studi ini adalah metode penelitian kepustakaan atau studi literatur. Penelitian ini melibatkan pengumpulan, pengkajian, dan analisis kritis terhadap literatur yang relevan, seperti artikel ilmiah, jurnal pendidikan, yang membahas tentang permainan tradisional dan efektivitasnya dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Metode analisis yang digunakan mencakup analisis deskriptif untuk menggambarkan temuan utama dari literatur yang ditinjau dan meta-analisis untuk menyatukan hasil-hasil penelitian yang relevan.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan media pembelajaran permainan tradisional dapat eningkatkan hasil belajar siswa. Oleh karena itu, sangat penting untuk membangun kembali permainan tradisional untuk anak sebagai media yang ampuh dalam merangsang tumbuh kembang anak menjadi lebih optimal serta tidak menghilangkan nilai budaya leluhur. Simpulan, hasil penelitian menegaskan bahwa penggunaan permainan tradisional sebagai media pembelajaran di era modern mampu meningkatkan hasil belajar anak. Saran perlu adanya dukungan lebih lanjut dari pihak pendidikan, orang tua, dan komunitas dalam mengimplementasikan permainan tradisional dalam kurikulum pembelajaran. Penelitian Selanjutnya dapat menyelenggarakan kegiatan yang melibatkan komunitas dalam melestarikan permainan tradisional.

References

Aliriad, H. (2023). Analisis Konsep Permainan Tradisional dan Implementasinya dalam Pendidikan Olahraga. Jurnal MensSana, 8(1), 52–61.

Aliriad, H., Adi, S., Manullang, J. G., Endrawan, I. B., & Satria, M. H. (2024). Improvement of Motor Skills and Motivation to Learn Physical Education Through the Use of Traditional Games. Physical Education Theory and Methodology, 24(1), 32–40. https://doi.org/https://doi.org/10.17309/tmfv.2024.1.04

Anshory, D. Al, & Sulistijorini. (2019). Ethnobotany of Traditional Children’s Games of Javanese Society in Central Java: Media Konservasi, 24(3), 252–260. https://doi.org/10.29244/medkon.24.3.252-260

Aryananda, I. P. G., Lesmana, K. Y. P., & Gunarto, P. (2022). Implementasi Permainan Tradisional Mameong-Meongan untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kebugaran Jasmani. Jurnal Kejaora (Kesehatan Jasmani Dan Olah Raga), 7(2), 81–91.

Aryati, V. A. (2019). Pengaruh permainan tradisional terhadap hasil belajar lari jarak pendek siswa smp negeri 7 kota sukabumi. Indonesia Sport Journal, 2(2), 39–48.

Cendana, H., & Suryana, D. (2022). Pengembangan permainan tradisional untuk meningkatkan kemampuan bahasa anak usia dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan …. http://repository.unp.ac.id/36800/

Hanafia, A., Wiryanto, W., Ekawati, R., & Hendratno, H. (2021). Penerapan permainan tradisional congklak untuk meningkatkan hasil belajar dan kepercayaan diri siswa. Jurnal Education and Development, 9(4), 354–361.

Helvana, N., & Hidayat, S. (2020). Permainan Tradisional untuk Menumbuhkan Karakter Anak. PEDADIDAKTIKA Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(2), 253–260. https://doi.org/10.17509/pedadidaktika.v7i2.25623

Indriyani, L. (2019). Pemanfaatan media pembelajaran dalam proses belajar untuk meningkatkan kemampuan berpikir kognitif siswa. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP, 2(1), 17–26.

Jiwandono, I. S. (2020). Permainan tradisional sebagai upaya meningkatkan karakter disiplin dan jujur mahasiswa pendidikan guru sekolah dasar. INVENTA: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah …. https://jurnal.unipasby.ac.id/index.php/jurnal_inventa/article/view/2137

Kusuma, L. S. W., & Yusuf, R. (2021). Integrasi Permainan Tradisional Dalam Metode Pembelajaran Praktik untuk Meningkatkan Minat Belajar PJOK. Reflection Journal, 1(1), 14–21. https://doi.org/10.36312/rj.v1i1.487

Munawaroh, H. (2017). Pengembangan model pembelajaran dengan permainan tradisional engklek sebagai sarana stimulasi perkembangan anak usia dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. https://obsesi.or.id/index.php/obsesi/article/view/19

Nurdiana, U., & Widodo, W. (2018). Keefektifan Media Permainan Tradisional Congklak untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Pensa: E-Jurnal Pendidikan Sains, 6(02).

Rahman, A., Simatupang, N., & Sinulingga, A. (2021). Pengembangan Permainan Tradisional Terhadap Kemapuan Gerak Manipulatif Pada Anak Sekolah Dasar. Jurnal Pedagogik Olahraga, 7(2), 27–31. https://doi.org/10.24114/jpor.v7i2.31238

Santosa, A. (2019). Pengaruh Permainan Tradisional Terhadap Hasil Belajar Lompat Jangkit. Journal of Physical and Outdoor Education, 1(2), 98–105. https://doi.org/10.37742/jpoe.v1i2.39

Sari, N. Y., Agustini, F., & KHB, M. A. (2019). Efektivitas Permainan Tradisional Gobag Sodor Terhadap Hasil Belajar Subtema 3 Keseimbangan Ekosistem. Indonesian Journal Of Educational Research and Review, 2(1). https://doi.org/10.23887/ijerr.v2i1.17296

Srikandi, S., Suardana, I. M., & Sulthoni, S. (2020). Membentuk Karakter Anak Usia Dini melalui Permainan Tradisional. Jurnal Pendidikan Teori Penelitian Dan Pengembangan, 5(12), 1854–1859. https://doi.org/10.17977/jptpp.v5i12.14364

Subakthi Putri, I. P., Dantes, N., & Suranata, K. (2020). Model Pembelajaran Quantum Teaching Tipe TANDUR Berbantuan Permainan Tradisional Terhadap Hasil Belajar IPA. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(2), 186. https://doi.org/10.23887/jisd.v4i2.25137

Susanto, B. H. (2017). Model pembelajaran pendidikan jasmani melalui permainan tradisional untuk membentuk karakter pada siswa sekolah dasar. Jurnal Moral Kemasyarakatan. https://ejournal.unikama.ac.id/index.php/JMK/article/view/2248

Suyitno, S. (2018). Metode penelitian kualitatif: konsep, prinsip dan operasionalnya. Journal of Social Science (CEOSR&RJ-JSS), 7(1).

Syarif, A. (2018). Penerapan metode permainan tradisional bagasing dalam meningkatkan hasil belajar siswa mata pelajaran penjaskes di SDn 3 Petuk Katimpun. Jurnal Meretas, 5, 11–21.

Tyas, R. W., & Widyasari, C. (2023). Permainan Tradisional dalam Mengembangkan Karakter Kerjasama Anak Usia Dini. Murhum: Jurnal Pendidikan Anak Usia …. https://www.murhum.ppjpaud.org/index.php/murhum/article/view/255

Van Harling, V. N. (2021). Pengaruh Penggunaan Video Pembelajaran terhadap Kemampuan Berpikir Siswa pada Mata Pelajaran Kimia. Edukatif Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 3332–3338. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i5.1215

Widhayanty, M. S., & Tjahyo, B. F. (2023). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SD Melalui Model Pembelajaran Make a Match pada Materi Permainan Tradisional. Jumper: Jurnal Mahasiswa Pendidikan Olahraga, 4(1), 177–187.

Wijaya, H. (2019). Metode-Metode Penelitian Dalam Penulisan Jurnal Ilmiah Elektronik. OSF Preprints. https://doi.org/10.31219/osf.io/dw7fq

Wu, J., Yang, Y., Yu, H., Li, L., Chen, Y., & Sun, Y. (2023). Comparative effectiveness of school-based exercise interventions on physical fitness in children and adolescents: a systematic review and network meta-analysis. Frontiers in Public Health, 11, 1194779. https://doi.org/10.3389/fpubh.2023.1194779

Published

2024-06-28

How to Cite

Pratama, A. D., & Putri , W. S. K. (2024). Studi Literatur: Pengaruh Media Pembelajaran Permainan Tradisional Terhadap Hasil belajar Siswa. Citius : Jurnal Pendidikan Jasmani, Olahraga, Dan Kesehatan, 4(1), 184–190. https://doi.org/10.32665/citius.v4i1.2631
Abstract View: 13, PDF Download: 4 SIMILARITY CHECK Download: 1