Pelayanan Dan Daya Tarik Fitness Center Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya Terhadap Minat Konsumen
Abstract View: 92, PDF Download: 0DOI:
https://doi.org/10.32665/citius.v3i2.2710Keywords:
Pelayanan, Daya Tarik, Minat, Fitness CenterAbstract
Fitness center atau pusat kebugaran telah menjadi titik fokus bagi individu yang peduli akan kesehatan dan kebugaran fisik. Universitas Islam Negeri Sunan Ampel di Surabaya memiliki Fitness Center yang menjadi salah satu fasilitas untuk mendukung gaya hidup sehat dan aktif di kalangan mahasiswa, staf, dan masyarakat umum. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi pelayanan, daya tarik, dan minat konsumen terhadap Fitness Center Universitas Islam Negeri Sunan Ampel. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan pemahaman yang lebih baik tentang kebutuhan dan preferensi konsumen terhadap layanan kebugaran yang disediakan oleh Fitness Center. Masalah yang ingin dipecahkan dalam penelitian ini adalah bagaimana persepsi konsumen terhadap pelayanan, daya tarik, dan minat mereka terhadap Fitness Center Universitas Islam Negeri Sunan Ampel. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari 65 member aktif di Fitness Center Universitas Islam Negeri Sunan Ampel sebagai sampel primer. Sementara itu, pegawai dan Kepala Pusat Pengembangan Bisnis Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya menjadi sampel sekunder. Penelitian ini menggunakan metode mixed methods dengan desain The Explanatory Sequential Design. Instrumen penelitian yang digunakan adalah kuesioner dan pertanyaan wawancara. Analisis yang dilakukan meliputi analisis deskriptif kuantitatif, deskriptif kualitatif, dan analisis SWOT.Hasil penelitian menunjukkan bahwa Fitness Center Universitas Islam Negeri Sunan Ampel telah memberikan pelayanan yang baik berdasarkan aspek reliabilitas, daya tanggap, jaminan, empati, dan bukti fisik. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa pelayanan yang baik telah memberikan dampak positif terhadap persepsi dan minat konsumen terhadap Fitness Center. Saran strategi pemasaran yang lebih efektif dapat menarik lebih banyak anggota baru dan mempertahankan anggota yang sudah ada.
References
Al Mu’thi, A. H., & Jayadi, I. (2019). S-1 Pendidikan Kepelatihan Olahraga Manajemen Layanan Hikari Fitness Center Bangkalan Madu. State University of Surabaya.
Aliriad, H. (2021). Dampak Olahraga Rekreasi Di Akhir Pekan Terhadap Mahasiswa Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri Bojonegoro. JEC (Journal of Education and Counseling), 3(1), 30–39.
Aliriad, H., Adi, S., Fahrudi, A., Apriyanto, R., & Da’i, M. (2023). Exploring the relationship between body mass index and physical fitness: Implications from a comprehensive study in a secondary school setting. Edu Sportivo: Indonesian Journal of Physical Education, 4(2), 136–147.
Bernik, M. (2019). Analisis kualitas pelayanan untuk meningkatkan kepuasan konsumen: studi kasus gold’s gym bandung. Jurnal Manajemen Teori Dan Terapan, 12(3), 6–8.
Endrawan, I. B., Aliriad, H., Apriyanto, R., Da’i, M., Cahyani, O. D., Santoso, S., & Muryadi, A. D. (2023). The Relationship Between Sports And Mental Health: Literature Analysis And Empirical Study. Health Education and Health Promotion, 11(2), 1001–1011.
Febrianti, F., & Beni, S. (2023). Strategi Mempertahankan Loyalitas Pelanggan Pada Usaha Kuliner Di Kecamatan Bengkayang. Inovasi Pembangunan: Jurnal Kelitbangan, 11(02), 189–210.
Indika, D. R., & Jovita, C. (2017). Media sosial instagram sebagai sarana promosi untuk meningkatkan minat beli konsumen. Jurnal Bisnis Terapan, 1(01), 25–32.
Kristina, P. C., Riyoko, E., Daryono, D., & Iswana, B. (2024). The Effect of Service Quality, Price Policy and Customer Satisfaction on Consumer Loyalty Star Fitness Center Palembang City. Halaman Olahraga Nusantara: Jurnal Ilmu Keolahragaan, 7(1), 215–229.
Kuswibowo, C. (2022). The Effect of Service Quality And Customer Value on Customer Satisfaction at Celebrity Fitness Margo City. Indonesian Journal of Business and Entrepreneurship (IJBE), 8(2), 313.
Larasati, S. D., Wicaksono, S. A., & Wardani, N. H. (2017). Perbaikan Proses Bisnis Menggunakan Metode Business Process Improvement (BPI)(Studi Pada Bagian Riset Pemasaran dan Pusat Pelayanan Pelanggan PT. Petrokimia Gresik). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 1(11), 1425–1432.
Martono, M., Yachsie, B. T. P. W. B., Setyawan, H., & Puri, L. W. (2022). Kepuasan pengguna terhadap kualitas pelayanan jasa Fitness Center HSC Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Yogyakarta. MEDIKORA, 21(2), 170–180.
Maulana, F. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Experiential Marketing Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Pusat Kebugaran D’gym Apita Cirebon. Indonesian Journal of Strategic Management, 2(2).
Prasetiyo, D. Y. (2016). Pengaruh motif, lokasi dan kualitas layanan terhadap keputusan pemilihan fitness center (studi pada member Fitness Center Best Gym Malang). Ekonomi Bisnis, 21(1).
Rahim, A. M. (2020). Tingkat Kepuasan Member Terhadap Pelayanan Dan Fasilitas Fitness Center Hsc Uny. Universitas Negeri Yogyakarta, 1–23.
Sugino, H., & Ushiyama, J. (2021). Gymnasts’ ability to modulate bioelectric sensorimotor rhythms during kinesthetic motor imagery of sports non-specific movements. BioRxiv, 2005–2021.
Syarifuddin, P. R., & Sari, D. (2015). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Dalam Membentuk Loyalitas Pelanggan Fitness Center (studi Pada Galby Gym Muscle Building And Fitness Club Jl. peta Bandung). EProceedings of Management, 2(3).