Upaya Meningkatkan Hasil Pembelajaran Lari Sprint 100 Meter Melalui Metode Bermain Lari Zig-Zag Rintang Cone
Abstract View: 116, PDF Download: 89 SIMILARITY CHECK Download: 22DOI:
https://doi.org/10.32665/citius.v4i1.3180Keywords:
sprint 100 meter, metode bermain, lari zig-zagAbstract
Pembelajaran lari sprint 100 meter merupakan salah satu aspek penting dalam pendidikan jasmani. Namun, pembelajaran ini dianggap monoton dan kurang menarik bagi siswa, sehingga hasil pembelajaran tidak optimal. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil pembelajaran lari sprint 100 meter melalui metode bermain lari zig-zag dengan rintang cone. Metode penelitian menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan desain siklus yang terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa sekolah menengah pertama yang dipilih secara acak. Instrumen pengumpulan data meliputi tes kecepatan lari 100 meter dan observasi keterampilan lari zig-zag. Data dianalisis menggunakan teknik statistik deskriptif untuk mengukur peningkatan hasil pembelajaran. Hasil penelitian pada awal penelitian, hanya 5 dari 20 siswa yang berhasil menyelesaikan lari sprint 100 meter sesuai target (12 detik untuk putra dan 14 detik untuk putri). Setelah pelatihan pada siklus I, jumlah siswa yang berhasil meningkat menjadi 11 dari 20 siswa. Di siklus II, setelah pelatihan tambahan, 18 dari 20 siswa berhasil menuntaskan lari sprint 100 meter sesuai target. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode bermain lari zig-zag dengan rintang cone secara signifikan meningkatkan hasil pembelajaran lari sprint 100 meter. Siswa menunjukkan peningkatan kecepatan lari dan keterampilan manuver yang lebih baik setelah mengikuti latihan dengan metode ini. Simpulan metode bermain lari zig-zag dengan rintang cone efektif dalam meningkatkan hasil pembelajaran lari sprint 100 meter. Metode ini tidak hanya membuat latihan lebih menarik dan menantang bagi siswa, tetapi juga memberikan kontribusi positif terhadap peningkatan keterampilan lari sprint. Latihan ini mampu melatih ketangkasan dan kecepatan siswa dalam melakukan sprint.
References
Akhwani, A., Rahayu, D. W., & Djazilan, M. S. (2022). Pemanfaatan Edugame Rumah Belajar Sebagai Media Pembelajaran Guru Sekolah Dasar di Kabupaten Magetan. Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 169–181. https://doi.org/10.33086/snpm.v1i1.798
Atakan, M. M., Karavelioğlu, M. B., Harmancı, H., Cook, M., & Bulut, S. (2019). Short term creatine loading without weight gain improves sprint, agility and leg strength performance in female futsal players. Science & Sports, 34(5), 321–327. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.scispo.2018.11.003
Edwards, J., Shanmugam, N., Ray, R., Jouhra, F., Mancio, J., Wiles, J., Marciniak, A., Sharma, R., & O’Driscoll, J. (2023). Exercise Mode in Heart Failure: A Systematic Review and Meta-Analysis. Sports Medicine - Open, 9(1), 3. https://doi.org/10.1186/s40798-022-00549-1
Febriani, N. S., & Budiana, D. (2017). Upaya Mengembangkan Nilai–Nilai Kerjasama Melalui Penerapan Permainan Tradisional Bakiak Dan Gatrik. TEGAR Journal of Teaching Physical Education in Elementary School, 1(1), 33–41. https://doi.org/10.17509/tegar.v1i1.8673
Jahrir, A. S., & Yusuf, A. (2022). Kontribusi Kekuatan Dan Kelincahan Terhadap Bantingan Pinggang Olahraga Gulat. Jurnal Olahraga Dan Kesehatan Indonesia (JOKI), 2(2), 71–76. https://doi.org/https://doi.org/10.55081/joki.v2i2.592
Kusuma, L. S. W., & Yusuf, R. (2021). Integrasi Permainan Tradisional Dalam Metode Pembelajaran Praktik untuk Meningkatkan Minat Belajar PJOK. Reflection Journal, 1(1), 14–21. https://doi.org/10.36312/rj.v1i1.487
Li, N., Zhang, T., & Hurr, C. (2024). Effect of high-intensity intermittent aerobic exercise on blood pressure, heart rate variability, and respiratory function in people with methamphetamine use disorder. Science & Sports, 39(1), 51–61. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.scispo.2022.07.016
Mancha-Triguero, D., Pérez-Murillo, P., Ibáñez, S. J., & Antúnez, A. (2022). Does the Physiological Response of a Triathlete Change in the Use or Absence of Drafting? International Journal of Environmental Research and Public Health, 19(15), 9366. https://doi.org/10.3390/ijerph19159366
Mosteoru, S., Gaiţă, L., & Gaiţă, D. (2023). Sport as Medicine for Dyslipidemia (and Other Risk Factors). Current Atherosclerosis Reports, 25(9), 613–617. https://doi.org/10.1007/s11883-023-01133-y
Mustapha, B., Houcine, B., Touati, A., & Djamel, M. (2019). Effectiveness of plyometric exercises to improve muscular strength and digital achievement for students in shot put. International Journal of Physical Education, Fitness and Sports, 2, 36–41.
Negara, F. B., Rasyono, & Indrayana, B. (2022). Coaching Clinic Shooting Untuk Atlet dan Pelatih Petanque Kabupaten Tanjung Jabung Timur. Jurnal Dharma Pendidikan Dan Keolahragaan, 2(2), 62–67. https://doi.org/10.33369/dharmapendidikan.v2i2.24434
Pavlović, R. (2017). Relations between motor abilities and results in 60m running, long jump, shot put of the pupils elementary school. Physical Education, Sport, Kinesitherapy Research Journal, 2(2), 62–76.
Perrone, S., Rinaldi, L., Gatti, D., & Girelli, L. (2023). Temporal perception in closed-skill sports: An experimental study on expert swimmers and runners. Psychology of Sport and Exercise, 69, 102500. https://doi.org/10.1016/j.psychsport.2023.102500
Pitriani, P., Sumilat, J. M., Paruntu, N. M., & Poluakan, C. (2022). Pengaruh Video Pembelajaran terhadap Hasil Belajar Materi Taksiran Operasi Hitung dan Manfaat Energi. EDUKATIF JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 4(5), 7189–7197. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i5.4036
Pratama, E. Y. (2022). Modifikasi Permainan Kecil Pada Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan. Pendekar Jurnal Pendidikan Berkarakter, 5(3), 194–197. https://doi.org/10.31764/pendekar.v5i3.10997
Priambudi, M. A., & Mashud, M. (2023). Kombinasi metode SPT-drill dengan imagery: upaya dalam mengendalikan target panic pada olahraga panahan. Multilateral Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 22(4), 1–10. https://doi.org/10.20527/multilateral.v22i4.16349
Rachmawati, L. A., Koeswanti, H. D., & Sadono, T. (2021). Model Discovery Learning Berbantuan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar IPA Siswa Sekolah Dasar. EDUKATIF JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 3(3), 770–776. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i3.394
Rahman, F. J. (2018). Peningkatan Daya Tahan, Kelincahan, dan Kecepatan pada Pemain Futsal: Studi Eksperimen Metode Circuit Training. Jurnal SPORTIF : Jurnal Penelitian Pembelajaran, 4(2). https://doi.org/10.29407/js_unpgri.v4i2.12466
Secha, M. N., Fajrie, N., & W, S. S. (2023). Strategi Pembelajaran Concept Mapping dengan Media CD Pembelajaran untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran PKn. Journal on Education, 05(03), 5841–5848.
Sholeh, M. H., Syamsuramel, S., & Bayu, W. I. (2023). Penerapan permainan tradisional terhadap hasil belajar lari cepat 100 meter. Bima Loka: Journal of Physical Education, 3(1), 38–43. https://doi.org/10.26740/bimaloka.v3i1.26439
Suwo, R., Haris, I. N., Rosti, R., Sabrin, L. M., Jumaking, J., & Yasin, R. A. (2021). Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Drill dan Bermain Terhadap Hasil Belajar Forehand Drive Permainan Tenis Meja Pada Mahasiswa Penjas USN Kolaka. Musamus Journal of Physical Education and Sport (MJPES), 3(02), 60–67. https://doi.org/10.35724/mjpes.v3i02.3479
Thaqi, A., Berisha, M., & Asllani, I. (2021). The effect of plyometric training on performance levels of the shot put technique and its related motor abilities. Pedagogy of Physical Culture and Sports, 25(3), 144–151.
Vala, S., & Kasundra, P. M. (2022). Effects of Playometric and Circuit Training on Motor Educability’s Back Roll Component. RESEARCH REVIEW International Journal of Multidisciplinary, 7(12), 72–75. https://doi.org/10.31305/rrijm.2022.v07.i12.012
Wardika, I. N. (2019). Penerapan Permainan Tradisional untuk mengatasi kejenuhan Belajar PJOK. Journal of Education Action Research, 3(3), 231–237. https://doi.org/10.23887/jear.v3i3.17377
Wu, J., Yang, Y., Yu, H., Li, L., Chen, Y., & Sun, Y. (2023). Comparative effectiveness of school-based exercise interventions on physical fitness in children and adolescents: a systematic review and network meta-analysis. Frontiers in Public Health, 11, 1194779. https://doi.org/10.3389/fpubh.2023.1194779