Penerapan Ice Breaking Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Dalam Pendidikan Jasmani Olah Raga Dan Kesehatan

Abstract View: 27, PDF Download: 19

Authors

  • Abdul Hafid Program Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Darussalam Cilacap
  • Dian Imam Saefulah Program Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Darussalam Cilacap
  • Kusmiyati Program Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Darussalam Cilacap

DOI:

https://doi.org/10.32665/citius.v4i2.3428

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh temuan guru Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan di Sekolah Dasar Islam Raden Fatah Cimanggu yang melaporkan rendahnya antusiasme peserta didik selama pembelajaran di kelas. Hal ini menimbulkan kebutuhan akan metode inovatif untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi pengaruh penerapan ice breaking terhadap motivasi belajar dan aktivitas peserta didik dalam pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan di kelas. Metode yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan desain deskriptif. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, angket, dan internet, dengan sampel sebanyak 37 siswa kelas 5 Sekolah Dasar Islam Raden Fatah Cimanggu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan ice breaking berdampak signifikan terhadap aktivitas belajar peserta didik, dengan hasil analisis data menunjukkan skor interval 61–80, yang mencerminkan tingkat keberhasilan yang sangat baik. Peserta didik menjadi lebih termotivasi, dan aktivitas belajar meningkat. Kesimpulannya, penerapan ice breaking dalam pembelajaran PJOK dapat meningkatkan motivasi dan aktivitas belajar siswa secara efektif, menjadikannya strategi yang relevan untuk diterapkan di lingkungan sekolah dasar.

References

Aliriad, H. (2023). Analisis Konsep Permainan Tradisional dan Implementasinya dalam Pendidikan Olahraga. Jurnal MensSana, 8(1), 52–61. https://doi.org/https://doi.org/10.24036/MensSana.08012023.07

Artobatama, I. (2018). Pembelajaran stem berbasis outbound permainan tradisional. Indonesian Journal of Primary Education. https://ejournal.upi.edu/index.php/IJPE/article/view/15099

Backes, A. F., Ramos, V., Quinaud, R. T., Brasil, V. Z., Carvalho, H. M., Ibáñez, S. J., & Nascimento, J. V. (2022). Adaptation and Validation of the Constructivist Teaching Practices Inventory in Elementary Physical Education (CTPI-EPE) for Brazilian Physical Education Pre-Service Teachers. International Journal of Environmental Research and Public Health, 19(19), 12091. https://doi.org/10.3390/ijerph191912091

Dwijayanti, K., Hakim, A. R., Nugroho, U., Muryadi, A. D., Firdaus, M., & Aliriad, H. (2024). Effects of Aerobic Exercise and Yoga on Blood Pressure in Women Between the Ages of 30 and 40 Years. International Journal of Disabilities Sports and Health Sciences, 7(4), 753–764. https://doi.org/10.33438/ijdshs.1457645

Hadiyanti, A. H. D. (2021). Pengembangan Media Kartu Permainan IPA untuk Perkuliahan IPA Biologi. In EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN (Vol. 3, Issue 6, pp. 4356–4362). Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.1336

Himawan, F. (2020). Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis Aktivitas Jasmani Untuk Karakter Demokratis Tema 2 Subtema 1 Bagi Siswa Kelas IV SDN Bendan Ngisor Semarang. Caruban Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Dasar, 3(2), 137–145. https://doi.org/10.33603/caruban.v3i2.3101

Lestari, S., Tryanasari, D., & Rahmasari, A. F. (2022). Program Pendampingan Guru Pada Rancangan Program Ekoliterasi di Sekolah Inklusi. In Jurnal SOLMA (Vol. 11, Issue 3, pp. 441–450). University of Muhammadiyah Prof. Hamka (UHAMKA). https://doi.org/10.22236/solma.v11i3.10518

Linda, L. (2019). Implementasi Ice Breaking Pada Mata Kuliah Matematika 3 Di Program Studi Pendidikan Matematika Stkip Syekh Manshur. In Cakrawala Pedagogik (Vol. 3, Issue 2, pp. 110–117). Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Syekh Manshur. https://doi.org/10.51499/cp.v3i2.108

Martinus, M., Manullang, J. G., Aliriad, H., Endrawan, I. B., Dwijayanti, K., Jamaliah, N., & Makorohim, M. F. (2024). Approach to the Game Take the Ball to Practice Swimming Skills for Beginners in Physical Education. International Journal of Disabilities Sports and Health Sciences, 7(4), 905–913. https://doi.org/10.33438/ijdshs.1486779

nur, muhammad, & Widiyatmoko, F. A. (2019). Implementasi Permainan Tradisional Untuk Meningkatkan Keaktifan Gerak Siswa. Jendela Olahraga, 4(1). https://doi.org/10.26877/jo.v4i1.3028

Pratiwi, D. D., & Deni, A. S. (2022). Dampak Awareness Training Berbantu Ice Breaking dan Gaya Kognitif pada Kemampuan Pemecahan Masalah. In JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika) (Vol. 6, Issue 1, p. 30). Universitas swadaya Gunung Djati. https://doi.org/10.33603/jnpm.v6i1.4955

Rahman, A. S. (2022). Manajemen Pembelajaran Bahasa Indonesia Untuk Mahasiswa Asing. In LITERASI: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah (Vol. 12, Issue 1, pp. 66–82). Universitas Pasundan. https://doi.org/10.23969/literasi.v12i1.4896

Rochmania, D. D. (2022). Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Media Leaderboards pada Pembelajaran Tematik. In EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN (Vol. 4, Issue 3, pp. 3662–3668). Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i3.2651

Sari, R. K., Mudjiran, M., Fitria, Y., & Irsyad, I. (2021). Meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran tematik berbantuan permainan edukatif di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 5593–5600.

Setyawan, H. (2020). Pengembangan model outdoor games activities pada pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan Sekolah Menengah Atas. In MAJORA: Majalah Ilmiah Olahraga (Vol. 26, Issue 2, pp. 45–55). Universitas Negeri Yogyakarta. https://doi.org/10.21831/majora.v26i2.34205

Sholeh, M. H., Syamsuramel, S., & Bayu, W. I. (2023). Penerapan permainan tradisional terhadap hasil belajar lari cepat 100 meter. Bima Loka: Journal of Physical Education, 3(1), 38–43. https://doi.org/10.26740/bimaloka.v3i1.26439

Sinaga, J. S., Suryati, & Syaflita, D. (2023). Implementasi dan Manfaat ICE-Breaking pada Proses Pembelajaran di SMP Negeri 11 Pekanbaru. In JURNAL ARMADA PENDIDIKAN (Vol. 1, Issue 1, pp. 1–5). Kilau Publishing. https://doi.org/10.60041/jap.v1i1.6

Siregar, P. (2024). Pemanfaatan Ice Breaking dalam Proses Pembelajaran Hidup Bersih di Tempat Bermain pada Siswa Madrasah Ibtidaiyah. In Al-Madrasah Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah (Vol. 8, Issue 2, p. 683). Sekolah Tinggi Ilmu Qur an Amuntai. https://doi.org/10.35931/am.v8i2.3454

Subekti, N., Juhrodin, J., & Mulyadi, A. (2020). Permainan Tradisional Dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani untuk Meningkatkan Kebugaran dan Motivasi Belajar. Journal of Sport Coaching and Physical Education, 5(1), 55–62.

Syahrizal, H., & Jailani, M. S. (2023). Jenis-Jenis Penelitian Dalam Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Jurnal QOSIM : Jurnal Pendidikan, Sosial & Humaniora, 1(1), 13–23. https://doi.org/10.61104/jq.v1i1.49

Syahruddin, M. M., Herdah, & Effendy, R. (2022). Penggunaan Ice Breaking dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas VIII SMP Muhammadiyah Pinrang. In Al-Ishlah: Jurnal Pendidikan Islam (Vol. 20, Issue 2, pp. 179–186). Institut Agama Islam Negeri Parepare. https://doi.org/10.35905/alishlah.v20i2.3318

Utama, S. F., Kristina, P. C., & Lubis, P. H. M. (2023). Pengembangan permainan kecil pada materi lari jarak pendek. In Jurnal Porkes (Vol. 6, Issue 2, pp. 797–812). Universitas Hamzanwadi. https://doi.org/10.29408/porkes.v6i2.20307

Velini, R. S., & Suryadi, M. (2023). Usaha Pemertahanan Bahasa Minangkabau melalui Permainan dan Tradisi Budaya Lokal di Kota Padang, Sumatera Barat. In Jurnal Sastra Indonesia (Vol. 12, Issue 1, pp. 71–80). Universitas Negeri Semarang. https://doi.org/10.15294/jsi.v12i1.59370

Downloads

Published

2024-12-24

How to Cite

Hafid, A., Saefulah, D. I., & Kusmiyati. (2024). Penerapan Ice Breaking Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Dalam Pendidikan Jasmani Olah Raga Dan Kesehatan . Citius : Jurnal Pendidikan Jasmani, Olahraga, Dan Kesehatan, 4(2), 219–225. https://doi.org/10.32665/citius.v4i2.3428
Abstract View: 27, PDF Download: 19