PENINGKATAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS: DAMPAK PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA (PMRI) BERNUANSA ISLAMI

Authors

  • Renny Saputri Yuliyanti Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung
  • Ruhban Masykur Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung
  • Indah Resti Ayuni Suri Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung

DOI:

https://doi.org/10.32665/james.v4i1.172

Keywords:

Kemampuan Komunikasi Matematis, PMRI, Bernuansa Islami, Mathematical Communication Capabilities, Islamic Nuances

Abstract

The low ability of mathematical communication at SMP Negeri 1 Way Bungur, East Lampung is due to various factors, including the assumption that mathematics is complicated, a lack of curiosity about mathematics, and a lack of variation in learning models, so that students still tend to be passive. The purpose of this study was to determine the mathematical communication skills of students who use the Islamic-nuanced Indonesian Realistic Mathematics Education (PMRI) approach better than ordinary learning. The research method used is a quantitative method using the Quasi-Experimental Design method. The data collection techniques used in the study were: documentation, tests in the form of essay questions to determine the effect of the Islamic-nuanced Indonesian Realistic Mathematics Education (PMRI) approach to improve mathematical communication skills. This study indicates an increase in the mathematical communication skills of students who are given an Islamic approach to Indonesian Realistic Mathematics Education (PMRI) with ordinary learning. Increasing students' mathematical communication skills with the Islamic-nuanced Indonesian Realistic Mathematics Education (PMRI) approach is better than regular learning. So it can be concluded that the Islamic-nuanced Indonesian Realistic Mathematics Education (PMRI) approach can improve mathematical communication skills compared to ordinary learning.

Abstrak

Berdasarkan latar belakang dan rumusan masalah di atas, maka peneliti memiliki tujuan yaitu untuk mengetahui Pengaruh Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) bernuansa Islami dalam meningkatkan kemampuan komunikasi matematis yang terdapat pada peserta didik di SMP Negeri 1 Way Bungur. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif menggunakan metode Quasi Eksperimen Design.  Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian, yaitu: Dokumentasi, Tes berbentuk soal uraian (essay)  untuk mengetahui pengaruh pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) bernuansa Islami untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis. Hasil penelitian ini bahwa adanya pengaruh peningkatan kemampuan komunikasi matematis peserta didik yang diberi pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) bernuansa Islami dengan pembelajaran biasa. Peningkatan kemampuan komunikasi matematis peserta didik dengan pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) bernuansa Islami lebih baik daripada pembelajaran biasa. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) bernuansa Islami dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematis dibandingkan dengan pembelajaran biasa.

References

Dayu Citra Wahyuni, Iip Sugiharta. Blended Learning dan E-Learning Berbasis Edmodo Dalam Peningkatan Motivasi Belajar Matematika. Al-Khawarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 7(1). (2019).

Miftahul Ulva dan Indah Resti Ayuni Suri. Pengaruh Model Pembelajaran Auditory Intellectualy Repetition Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Peserta Didik. UNION: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1). (2019).

Muhammad Yasin. Analisis Kesulitan Belajar: Dampak Latar Belakang Kejuruan ditinjau dari Proses Pembelajaran Matematika Perguruan Tinggi. Desimal: Jurnal Matematika, 2(1). (2019).

Ratna Ambarwati, Dwijanto, dan Putriaji Hendikawati. Keefektifan Model Project-Based Learning Berbasis GQM Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Dan Percaya Diri Siswa Kelas VII. Unnes Journal of Methematics Edcation, 4(2). (2015).

Fredi Ganda Putra. Pengaruh Model Pembelajaran Reflektif dengan Pendekatan Matematika Realistik Bernuansa KeIslaman Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Peserta Didik. Al-Jabar : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2). (2016).

Lekok Melya dan Nanang Supriadi. Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Ditinjau dari Tipe Kepribadian Guardian dan Idealist. Desimal: Jurnal Matematika, 1(3). (2018).

Yosmarniati, Edwin Musdi, Yusmet Rizal. Upaya Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa Melalui Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik. Jurnal Pendidikan Matematika, Part 3, 1(1), (2012).

Supriadi, N. Pembelajaran geometri berbasis geogebra sebagai upaya meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa madrasah tsanawiyah (MTs). Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), (2015), 99–110.

Kesumawati, N. Meningkatkan kemampuan pemahaman matematis siswa SMP melalui pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI). Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), (2012). 30–44.

Utami, T. N., Jatmiko, A., & Suherman, S. Pengembangan Modul Matematika dengan Pendekatan Science, Technology, Engineering, And Mathematics (STEM) pada Materi Segiempat. Desimal: Jurnal Matematika, 1(2), (2018), 165–172.

Artawan, K. A., Japa, I. G. N., & Suarjana, I. M. Penerapan pendekatan pendidikan matematika realistik indonesia untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika siswa kelas v sd negeri 4 suwug kecamatan sawan kabupaten buleleng tahun pelajaran 2013/2014. MIMBAR PGSD Undiksha, 2(1). (2014).

Downloads

Published

2021-04-30

How to Cite

Yuliyanti, R. S., Masykur, R., & Suri, I. R. A. . (2021). PENINGKATAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS: DAMPAK PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA (PMRI) BERNUANSA ISLAMI. Journal of Mathematics Education and Science, 4(1), 23–29. https://doi.org/10.32665/james.v4i1.172