Hasil Belajar Matematika dengan Bentuk Soal Higher Order Thinking Skills (HOTS)
Abstract View: 489, PDF Download: 231DOI:
https://doi.org/10.32665/james.v5i1.250Keywords:
Student Teams Achievement Divisions (STAD), Higher Order Thinking Skills (HOTS), Hasil Belajar, Learning OutcomesAbstract
Proses pembelajaran matematika di MTs Bahrul Ulum Gayam dilaksanakan dengan berpusat pada guru, sehingga tidak nampak keaktifan peserta didik dalam pembelajaran dan berdampak pada hasil belajar matematika yang rendah. Model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement (STAD) dengan soal bentuk Higher Order Thinking Skills (HOTS) dipilih untuk mendorong keaktifan peserta didik dan meningkatkan hasil belajar peserta didik pada kompetensi menganalisis, mengevaluasi, dan mencipta. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran dengan model kooperatif tipe STAD dengan menggunakan soal HOTS. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan tes tertulis dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada materi bangun ruang kubus dan balok diperoleh hasil belajar yang baik dalam menyelesaikan soal berbasis HOTS pada peserta didik kelas VIII A MTs Bahrul Ulum Gayam, Kecamatan Gayam, Kabupaten Bojonegoro Tahun Pelajaran 2020/2021.
References
I. Wardana, Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achivement Division (STAD) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta didik Kelas XI IPA Avogadro SMA Negeri 2 Pangkajene. Jurnal Chemica. Vol.18 no. 1 pp.76-84, 2017.
Dimyati and Mudjiono. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta, 2006.
Trianto. Model Pembelajaran Terpadu, Konsep, Strategi dan Implementasinya dalam KTSP. Jakarta: Bumi Aksara, 2010.
Sudarmin, Pembelajaran Aktif dan Implementasinya dalam Konteks Kurikulum 2013, Proseding Seminar Nasional ALFA VI, Klaten: Universitas Widya Dharma, 2016.
Jesmita, Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, vol.3 no.4 pp.2137 – 2143, 2019.
Rusman, Model-model pembelajaran, mengembangkan profesionalitas guru. Jakarta: Rajawali Pers, 2012.
R. Wibowo, Wahyuni, and Ngatman, “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dalam Peningkatan Pembelajaran Bangun Datar Siswa kelas V SD”, Kalam Cendekia PGSD Kebumen, vol. 4 no.1, pp: 1–7, 2016.
F. N. Syamsu, I. Rahmawati, and Suyitno, “Keefektifan Model Pembelajaran STAD terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Bangun Ruang”, International Journal of Elementary Education, vol.3 no.3, pp.344-350, 2019.
A. Riadi, “Problem Based Learning Meningkatkan Higher Order Thinking Skill Siswa kelas VIII SMPN 1 Daha Utara dan SMPN 2 Daha Utara”. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika. vol.2 no.3, pp: 154-163, 2016.
E. Gradini, “Menilik Konsep Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi (Higher Order Tinking Skills) dalam Pembelajaran MAtematika”, Jurnal Numeracy, vol.6 no.2, pp.189-203, 2019.
L. J. Moleong, Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2010.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Journal of Mathematics Education and Science
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) before and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work