Analisis Komunikasi Matematis Siswa Melalui Soal Model PISA pada Era Literasi Digital Pasca Pandemi Covid-19
Abstract View: 942, PDF Download: 729DOI:
https://doi.org/10.32665/james.v6i1.1589Keywords:
Komunikasi Matematis, Mathematical Communication, PISA, Literasi Digital, Digital Literacy, Covid 19Abstract
Kemampuan komunikasi matematis merupakan aspek penting dalam PISA. Dengan mengikuti program PISA, negara-negara maju dapat memperbaiki kualitas pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan komunikasi matematis siswa menggunakan soal model PISA. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 2 Bojonegoro dengan mengambil subjek kelas Sembilan. Subjek dalam penelitian ini ditentukan dengan teknik purposive sampling, sedangkan pengumpulan data menggunakan teknik tes dan wawancara. Analisis data dalam penelitian ini adalah analasis data kualitatif yang meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan verifikasi. Selanjutya untuk mengecek keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan trianguasi metode, yakni membandingkan hasil jawaban siswa dengan hasil wawancara. Studi ini menemukan bahwa banyak siswa tidak terbiasa dengan masalah matematika yang berbeda dari biasanya. Mereka membutuhkan lebih banyak latihan dengan soal yang lebih sulit seperti yang ada di tes PISA. Jenis soal konten Uncertainty and Data dan juga soal konten Quantity merupakan jenis soal yang mendapatkan presentase kesalahan terbesar dari siswa.
References
N. N. Rahmawati, M. I. A. Fathoni, and I. Ismanto, “PENENTUAN PENERIMA KIP KULIAH MAHASISWA S1 UNUGIRI MENGGUNAKAN FUZZY C-MEANS CLUSTERING,” Transformasi: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika, vol. 6, no. 2, pp. 121–130, 2022.
OECD, “Programme for international student assessment (PISA) results from PISA 2018.,” Oecd, 2019.
OECD, 2017 Update to the OECD Model Tax Convention. 2017.
W. O. Dzarian, M. Salam, and M. Anggo, “Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Ditinjau dari Gender,” Jurnal Pembelajaran Berpikir Matematika (Journal of Mathematics Thinking Learning), vol. 6, no. 1, pp. 173–184, 2021, doi: 10.33772/jpbm.v6i1.18618.
L. F. Utami, I. Pramudya, and I. Slamet, “Students’ Mathematical Communication Ability in Solving Trigonometric Problems,” IOP Conf Ser Earth Environ Sci, vol. 1796, no. 1, 2021, doi: 10.1088/1742-6596/1796/1/012008.
N. S. Rahmawati, M. Bernard, and P. Akbar, “Analisis Kemampuan Komunikasi Matematik Siswa Smk Pada Materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel (SPLDV),” Journal On Education, vol. 1, no. 2, pp. 344–352, 2019.
T. N. Sa’adah, M. Fathoni, and A. C. Sari, “PEWARNAAN GRAF PADA PENJADWALAN UAS PROGRAM STUDI MATEMATIKA UNUGIRI MENGGUNAKAN ALGORITMA WELCH POWELL,” Jurnal Penelitian Matematika dan Pendidikan Matematika, vol. 6, no. 1, pp. 14–24, 2023.
D. T. Yuliana, M. I. A. Fathoni, and N. Kurniawati, “Penentuan Penerima Kartu Indonesia Pintar KIP Kuliah dengan Menggunakan Metode K-Means Clustering,” Journal Focus Action of Research Mathematic (Factor M), vol. 5, no. 1, pp. 127–141, 2022.
M. F. Dawami, M. Fathoni, and F. Cindarbumi, “APPLICATION OF ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS METHOD AS A DECISION SUPPORT SYSTEM IN THE RECRUITMENT OF LECTURERS AT UNIVERSITAS NAHDLATUL ULAMA SUNAN GIRI,” BAREKENG: Journal of Mathematics and Its Application, vol. 6, no. 1, pp. 1477–1488, 2022.
M. I. A. Fathoni, D. N. Hidayati, and A. Fitri, “Implementation of The Analytical Hierarchy Process (AHP) Method for The Selection of Achieving Students at Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri,” Numerical: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, vol. 6, no. 2, pp. 163–174, 2022.
R. M. Rohmawati, M. I. A. Fathoni, and I. Ismanto, “Penerapan Algoritma Welch-Powell Pada Penyusunan Jadwal Perkuliahan di Program Studi Pendidikan Matematika,” Euler: Jurnal Ilmiah Matematika, Sains dan Teknologi, vol. 10, no. 2, pp. 200–210, 2022.
M. Fathoni, A. Fitri, and H. Husnah, “Student Group Dynamic Model Based on Understanding in Mathematics Subjects,” Jurnal Matematika MANTIK, vol. 7, no. 1, pp. 41–50, 2021.
S. Smp and P. Materi, “Analisis kemampuan komunikasi matematis siswa smp pada materi statistika,” vol. 1, no. 6, pp. 1095–1104, 2018.
C. Permata, Kartono, and Sunarmi, “Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas VIII SMP pada Model Pembelajaran TSTS dengan Pendekatan Scientific,” Unnes Journal of Mathematics Education, vol. 4, no. 2, pp. 127–133, 2015.
M. Kholil and E. D. Putra, “Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal PISA Konten Space And Shape,” Indonesian Journal of Mathematics and Natural Science Education, vol. 1, no. 1, pp. 53–64, 2019, doi: 10.35719/mass.v1i1.6.
L. J. Moleong, Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2012.
Nana Syaodih Sukmadinata, Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2013.
S. Arikunto, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta, 2017.
D. Kurniati, R. Harimukti, and N. A. Jamil, “Kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa SMP di Kabupaten Jember dalam menyelesaikan soal berstandar PISA,” Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, vol. 20, no. 2, pp. 142–155, 2016, doi: 10.21831/pep.v20i2.8058.
D. E. Novianti, “Profil Pemecahan Masalah Matematika Dalam Menyelesaikan Permasalahan Pemrograman Linear Ditinjau Dari Kemampuan Komunikasi Matematis Mahasiswa,” JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), vol. 6, no. 1, p. 53, 2017, doi: 10.25273/jipm.v6i1.1698.
Z. Zulfah and W. Rianti, “Kemampuan Komunikasi Matematis Peserta Didik Melalui Soal PISA 2015,” JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), vol. 7, no. 1, p. 49, 2018, doi: 10.25273/jipm.v7i1.3064.
I. Muhlisotin, M. I. A. Fathoni, and A. Fitri, “Implementasi Model Think Talk Write (TTW) terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Tulis Peserta Didik,” MUST: Journal of Mathematics Education, Science and Technology, vol. 6, no. 2, p. 207, 2021, doi: 10.30651/must.v6i2.10498.
A. Fitri, N. Kurniawati, and Z. Mubaroh, “Respon peserta didik dalam memecahkan masalah matematika berdasarkan taksonomi SOLO (Structure of Observed Learning Outcome),” MAJAMATH: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, vol. 4, no. 2, pp. 153–159, 2021.
L. Tarida and A. Fitri, “Sintaks Pembelajaran Pemecahan Masalah pada Materi Aturan Simpson dan Penerapannya dalam Luas Area Bidang Air Kapal,” Saintara: Jurnal Ilmiah Ilmu-Ilmu Maritim, vol. 6, no. 1, pp. 78–83, 2022.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Categories
License
Copyright (c) 2022 Journal of Mathematics Education and Science
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) before and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work